Lifestyle

4 Cara Menangani Amandel Pada Anak

mengobati amandel pada anak

Kesehatan anak, Amandel pada anak dapat mengganggu pertumbuhan pada anak sehingga patut bagi orang tua untuk mengantisipasinya. artikel kali ini membahas tentang 4 Cara Menangani Amandel Pada Anak dengan mudah dan penjelasan mengenai amandel.

Amandel/tonsillitis adalah peradangan pada tonsil. Penyebabnya adalah bakteri Beta streptokokus, Streptokokus hemolitikus, streptokokus non hemolitikus, dan streptokokus viridians.

Amandel ada dua macam, amandel akut dan amandel kronis. Yang banyak terjadi pada anak-anak adalah amandel akut. Tonsil sendiri bekerja untuk mempertahankan diri dari serangan virus, namun apabila daya tahan tubuh sedang rendah, maka tonsil akan mengalami peradangan dan menyebabkan pembesaran palatum tonsil.

Gejala amandel, yaitu nyeri saat menelan, nyeri tenggorokan, bau muut, demam, panas, sukar bernapas, nyeri telinga, sering mengantuk, tidur mendengkur dan rasa mengganjal pada tenggorokan.

Pertolongan pertama pada amandel yang dapat dilakukan adalah

  1. memberikan obat penurun panas
  2. menganjurkan anak banyak istirahat
  3. memberikan kompres hangat
  4. menjaga kebersihan mulut dengan sikat gigi dan berkumur dengan air garam.

Pada kasus tertentu dokter akan melakukan operasi apabila amandel sering kambuh dan mengganggu, dikarenakan dapat menyebabkan kompilasi dikarenakan kuman akan menyebar ke seluruh tubuh sehingga terjadi rhinitis (infeksi hidung), sinusitis (infeksi rongga hidung), infeksi telinga, abses leher, radang paru, dan infeksi tulang.

Apabila amandel dirasa masih ringan, ibu bias mencoba beberapa tips berikut untuk mengobati amandel si buah hati dengan bahan-bahan yang mudah ditemui :

  1. Jeruk Nipis

Dari sekian banyaknya manfaat Jeruk Nipis, satu diantaranya dapat menyembuhkan amandel si kecil. Cukup campur jeruk nipis dengan rebusan air hangat dan sedikit gula atau madu untuk mengurangi rasa asam dari jeruk nipis.

  1. Jahe

Anti Inflamasi, sifat alami dari jahe dapat meringankan gejala amandel sekaligus meredakan tenggorokan. Dengan cara penyajian sama seperti jeruk nipis.

  1. Madu

Bisa dibilang seluruh kandungan yang terdapat pada madu adalah sangat bermanfaat bagi manusia, tidak lepas juga untuk penyembuhan pada amandel si kecil.

  1. Bawang Merah

Bagi si kecil, mungkin bawang merah menjadi salah satu makanan yang sulit dimakan karena bau yang kurang sedap menurut anak kecil, untuk memudahkan si kecil agar mau memakan bawang merah, bias dicampurkan dengan bubur agar mudah menelan dikala mengalami amandel.

 

Setelah dirasa amandel si kecil sudah mengalami penyusutan, beberapa tips berikut bisa membantu untuk memperepat penyembuhan amandel sekaligus mencegah timbulnya amandel bagi si kecil.

baca juga 5 cara mudah menghindarkan si kecil dari alergi

  1. Istirahat dan makan yang cukup

memaksimalkan istirahat bagi si kecil dengan waktu normal adalah 6-8 jam per hari, untuk mempercepat metabolisme si kecil dalam melawan peradangan amandel. Berikan asupan makanan yang bergizi, untuk mempermudah si kecil melahap makanan, pilih makanan yang ber tekstur lembek dan basah agar mudah ditelan.

  1. Hindari makanan pedas dan panas

Usahakan untuk tidak memberi makanan pedas atau panas bagi si kecil, terlebih lagi makanan tersebut dari proses penggorengan. Pedas dan panas dapat memperburuk peradangan pada amandel.

  1. Perbanyak minum air putih

Air adalah kandungen terpenting bagi tubuh, selalu jaga asupan air pada si kecil agar tidak mengalami dehidrasi sehingga ditakutkan metabolism si kecil tidak maximal dalam melakukan penyembuhan.

  1. Hindari minuman atau makanan dingin.

Makanan dingin yang berupa es, maupun minuman yang dingin dapat memperburuk amandel si kecil dan mengakibatkan peradangan bagi tenggorokan, serta lebih mudah mengakibatkan flu dikarenakan tonsil yang bekerja untuk mempertahankan diri dari bahan asing yang masuk melalui tenggorokan sedang bengkak dan tidak dapat bekerja maximal.

Sekian artikel kali ini, Semoga bisa memberi inspirasi kepada Anda.

Terima Kasih, Silahkan Share Jika Menurut Anda Bermanfaat Untuk Anda dan Orang Lain.

REAKSI KAMU?
Bagikan Votingmu!!
0
2
0
1
0
0
0
0
0

Artikel Terkait :

Click to comment

Facebook Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top