Lifestyle

5 cara menghindarkan si kecil dari alergi

5 cara ampuh mengatasi alergi pada anak

Cara Menghindarkan Si Kecil Dari Alergi, Seringkali membuat para ibu kesulitan dalam merawat sang buah hati. Telah banyak kasus-kasus pada bayi yang dikarenakan alergi mulai rendah hingga yang fatal. berikut beberapa kiat-kiat dalam mengatasi alergi si kecil dan cara sederhana menghindarkan si kecil dari alergi. beberapa macam alergi pada manusia dibagi dalam beberapa bagian :

  1. Pada system pencernaan

Gejala berupa diare, muntah, sembelit, kotoran berlendir dan berdarah. Seringkali ditemui pada bayi hingga usia 1 tahun. Penyebab utama biasanya susu sapi. Untuk menggantikan susu sapi bisa menggunakan susu kedelai, namun selalu dianjurkan ASI adalah pilihan utama.

Beberapa makanan yang menyebabkan alergi pada anak-anak diantaranya susu sapi, telur, kacang, kedelai dan gandum.

  1. Pada system pernapasan

Gejala berupa hidung tersumbat, batuk-pilek, sesak napas (asma). Penyebab utama asap rokok, debu, asap polusi dan makan yang mengandung MSG.

  1. Pada kulit

Gejala berupa eksema, yaitu terasa gatal, biduren, dan kering. Dapat terjadi sejak bayi berumur 3 tahun dan penyebab utamanya adalah makanan dan udara kotor.

 

Bentuk-bentuk alergi diatas bisa hilang dan berhenti pada umur tertentu (biasanya 3 tahun). Namun, pada sebagian anak alergi itu bisa berubah menjadi alergi yang lain. Pada umur 4-9 tahun, alergi bias berkembang menjadi asma.

Beberapa cara untuk mengendalikan alergi :

  1. Menghindari penyebab alergi dengan melakukan uji alergi agar bias mengetahui penyebab aleri.
  2. Memaksimalkan pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan, dilanjutkan hingga 2 tahun.
  3. Merencanakan pola makan yang sehat dan non allergen (penyebab alergi) saat mulai mengenalkan makanan selain ASI.
  4. Mencegah anak-anak untuk tidak bermain di tempat kotor, berdebu dan berpolusi tinggi. Minimalisir penggunaan kipas angin, dikarenakan kipas angin dapat menyebarkan debu.
  5. Mengganti bantal-bantal setiap 2-3 tahun, dan kasur busa yang tidak terlalu tebal agar debu tidak sulit untuk dibersihkan.

beberapa cara diatas adalah cara yang termudah dilakukan untuk menanggulangi alergi terhadap si kecil, namun tetap saja segala keburukan akan lebih baik diegah terlebih dahulu daripada mengobati. semoga artikel diatas bermanfaat bagi ibu yang sudah dikaruniai buah hati si kecil.

Sekian artikel kali ini, Semoga bisa memberi inspirasi kepada Anda.

Terima Kasih, Silahkan Share Jika Menurut Anda Bermanfaat Untuk Anda dan Orang Lain.

REAKSI KAMU?
Bagikan Votingmu!!
0
0
0
0
0
0
0
0
0

Artikel Terkait :

Click to comment

Facebook Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top