Technology

5+1 Website Jual Beli Paling Aman dan Ramai Di Indonesia

5 Website Jual Beli Paling Aman dan Ramai Di Indonesia

5+1 Website Jual Beli Paling Aman dan Ramai Di Indonesia

Tidak hanya sekedar aman dan ramai saja, tentunya dengan harga yang dapat dengan mudah kita cari mana yang paling murah.

Semakin boomingnya jual beli online, para pembeli harus semakin bijak dan lihai untuk memilih tempat penyedia layanan jual beli online yang aman dan nyaman.

Selain menjual atau membeli sebuah produk yang tampak, Di internet Anda bisa menjual foto yang Anda hasilkan.

Di Indonesia sendiri, tingkat pembeli online semakin meningkat tiap tahunnya.
Dengan prosentase :

  • 55% pada penjualan reservasi tiket maskapai
  • 46% Tours dan hotel
  • 40% pada penjualan ebook
  • 37% pembelian baju
  • 34% untuk pencarian event-event yang sedang berlangsung

Tren jual beli online sendiri tiap tahun semakin meningkat, Sehingga tidak sedikit juga para penjual nakal yang memanfaatkan celah tersebut untuk mencari keuntungan pribadi dengan menipu pembeli.

Ada baiknya Anda sebagai konsumen dapat memilih tempat untuk belanja secara bijak, tidak hanya mencari harga yang kompetitif dan melupakan kualitas pelayanan.

Berikut 5+1 Website Jual Beli Paling Aman dan Ramai Di Indonesia

1. Bukalapak

Bukalapak mulai terkenal pada tahun 2015 dengan menempati search rank situs jual beli tertinggi di indonesia, yaitu peringkat ke 12 kemudian disusul oleh tokopedia.

Bukalapak sendiri menjanjikan 6 kelebihan jika bertransaksi di bukalapak, antara lain :

[tie_list type=”checklist”]
  • Notifikasi SMS
    Bukalapak akan secara otomatis mengirim SMS ke nomer pelapak jika ada pembeli yang membeli item Anda.
  • Feedback otomatis
    Jika terdapat transaksi jual beli, secara otomatis sistem bukalapak akan memberikan feedback positif pada dagangan pelapak.
  • Kepastian menerima uang
    Pelapak akan menerima uang ketika pembeli tela mendapatkan barang
  • Optimasi Search Engine
    Bukalapak akan selalu mengoptimalkan SEO websitenya sehingga jika ada calon pembeli yang mencari barang melalui search engine akan langsung menghasilkan penelusuran lapak.
  • Perhitungan ongkos kirim otomatis
    Pelapak tidak perlu susah-susah menghitung ongkos kirim untuk pembeli diluar kota, karena bukalapak telah membuat aplikasi secara otomatis untuk menghitung ongkos kirim
  • Konsultasi Bisnis
    Bukalapak membuka konsultasi untuk para pelapak dalam tips membuka lapak dan berdagang di bukalapak
[/tie_list] [box type=”warning” align=”aligncenter” class=”” width=”100%”]

Kekurangan Bukalapak :
Jika Anda mencari-cari forum di Internet, banyak para pelapak yang mengeluhkan bahwa sering kali dirugikan dengan konsumen yang tidak bertanggung jawab. Baik tidak melakukan konfirmasi kedatangan barang hingga inging refund walaupun barangnya tidak ada cacat.

[/box]

2. Tokopedia

Tokopedia sendiri, tiap tahun semakin meningkatkan kualitas serta coverage layanannya. Dan yang terbaru adalah melalui tokopedia kita bisa memesan tiket kereta api.

Apa saja kelebihan dari tokopedia ini :

[tie_list type=”checklist”]
  • Gratis
    Tidak ada pungutan biaya jika kita akan inging membuka dagangan di tokopedia
  • Terdapat Rekber
    Di tokopedia, terdapat fasilitas rekber (rekening bersama) sama seperti milik bukalapak diatas.
  • Mudah mencari pembeli
    Tokopedia juga tentunya akan memaksimalkan SEO pada websitenya sehingga dapat menampilkan hasil pencarian paling atas
[/tie_list] [box type=”warning” align=”aligncenter” class=”” width=”100%”]

Kekurangan Tokopedia:
Secara garis besar, kekurangan tokopedia hanyalah dalam hal persaingan para pedagang dan feedback yang harus secara manual diberikan oleh pembeli

[/box]

3. Lazada

Lazada termasuk salah satu pionir website e-commerce di Indonesia dengan banyak kelebihannya, salah satu kelebihan yang menonjol dari lazada adalah proses pengiriman barang yang sangat kredibel dan sangat cepat.

  • Bebas Ongkos kirim
    Walaupun belum tersedia untuk semua tempat, tetapi lazada terus meningkatkan cakupan wilayah untuk gratis ongkos kirim. Saat ini masih mencakup 100 wilayah yang mendapatkan gratis ongkos kirim.
  • Melayani COD
    Mungkin hanya lazada yang saat ini melayani COD pengiriman barang melalui e-commerce. Selain lebih murah tentunya keamanan lebih terjaga
[box type=”warning” align=”aligncenter” class=”” width=”100%”]

Kekurangan Lazada:
Namun beberapa konsumer pernah mengeluhkan bahwa konfirmasi pembayaran dari lazada masih sangat kurang dan bahkan terkesan lemot.

[/box]

4. Rakuten

Mungkin rakuten masih belum begitu terkenal di kalangan masyarakat umum, namun bagi para pecinta produk-produk jepang pasti nama rakuten tidak asing lagi di telinga mereka.

Kelebihan rakuten adalah mereka menyediakan Rakuten point (semacam point belanja) yang bisa ditukarkan untuk barang-barang yang senilai

[box type=”warning” align=”aligncenter” class=”” width=”100%”]

Kekurangan Rakuten:
Beberapa konsumen pernah mengeluhkan bahwa rakuten membatalkan pembelian secara sepihak walaupun konsumen sudah melakukan pembayaran

[/box]

5. OLX

Lebih dikenal sabagai tokobagus dan berniaga.com, Namun seiring perjalanan kedua website e-commerce tersebut akhirnya memutuskan untuk merger (bergabung) dan muncullah nama OLX.com

Setelah merger, CEO Alex Oenford yang berkebangsaan dari argentina mengubah drastis sistem penjualan OLX.com.

Jika Anda gemar mencari barang-barang bekas, Mungkin OLX bisa menjadi tempat tujuan Anda.

[box type=”warning” align=”aligncenter” class=”” width=”100%”]

Kekurangan Rakuten:
Kekurangan yang paling kentara dari OLX ini adalah tidak ada fitur komentar di lapak/dagangan para penjual, sehingga mempersulit pembeli untuk memastikan apakah penjual tersebut kredibel atau tidak

[/box]

Semua website e-commerce mempunyai kelebihan yang paling kentara yaitu selalu memberikan pelayanan semaksimal mungkin, baik itu memberikan promo potongan harga hingga gratis ongkos kirim.

Walau begitu, kita sendiri lah yang akhirnya harus melindungi diri sendiri supaya tidak terkena penipuan melalui jual beli online.

[Tweet “Jadilah pembeli yang bijak, Bijak dalam memilih dan mengambil keputusan saat membeli sesuatu”] [divider style=”dotted” top=”5″ bottom=”5″]

Last but not least, ada juga forum yang mempunyai kategori jual beli yang paling ramai Yaitu forum Kaskus!!

6. Kaskus

Website Jual Beli Paling Aman lainya yaitu Kaskus, Walaupun terkenal sebagai website forum tetapi kaskus juga menyediakan forum untuk jual beli yang lebih dikenal sebagai FJB.

Saya sendiri telah bergabung dengan kaskus mulai dari tahun 2009 dan merasakan bagaimana mudahnya menjual barang di FJB Kaskus.

Bahkan menurut saya pribadi, intensitas FJB kaskus lebih mudah untuk menarik minat pembeli karena memang nama besar kaskus yang sudah dikenal kredibel oleh masyarakat Indonesia khususnya kaum muda.

Namun, pada tahun 2015 kemarin kaskus merombak drastis FJB kaskus sehingga ada plus minus baik dari pembeli maupun penjual.

  • Bagi Penjual
    Saat ini, penjual hanya bisa melakukan sundul lapak di FJB kaskus secara terbatas sehingga membuat lapak penjual semakin susah untuk promosi.
  • Bagi Pembeli
    Secara garis besar, update yang dilakukan oleh pihak kaskus memang sangat berpengaruh baik bagi pembeli, selain kaskus sudah menyediakan Rekber untuk menjaga keamanan pembeli kaskus juga membuat fitur untuk pendaftaran verified seller supaya tidak menggunakan data palsu.

Baca juga artikel sisi gelap dunia internet.

Sekarang giliran Anda, apakah ada Website Jual Beli Paling Aman lainnya yang menurut Anda kredibel dan layak untuk dipublikasikan? silahkan berkomentar

[divider style=”double” top=”5″ bottom=”5″] Sekian artikel kategori Internet mengenai 5 Website Jual Beli Paling Aman dan Ramai Di Indonesia kali ini, Semoga bisa memberi inspirasi kepada Anda, Terima Kasih.
Jika Ada yang inging ditambahkan atau ditanyakan silahkan mengisi kolom komentar.

Silahkan Like Fanspage kami dan Share artikel ini Jika Menurut Anda Bermanfaat Untuk Anda dan Orang Lain.

REAKSI KAMU?
Bagikan Votingmu!!
0
0
0
0
0
0
0
0
0

Artikel Terkait :

Click to comment

Facebook Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top