Lifestyle

6 Cara Termudah Mencari Modal Usaha

Cara Termudah Mencari Modal Usaha

www.bacaanku.com, Salah satu kendala yang paling umum bagi entrepreneur adalah ketika dihadapkan dengan masalah modal saat akan mendirikan suatu bisnis. Begitu banyak ide kreatif mendirikan usaha namun tidak sampai terealisasikan hanya dikarenakan mininya modal atau bahkan tidak ada modal sama sekali.

Artikel kali ini akan membahas 6 Cara Termudah Mencari Modal Usaha :

1. Kerja Sama/Partner

Anda bisa mencari kerabat keluarga, teman atau bahkan dari internet (grup bisnis social media). Karena tentunya memungkinkan saja ide bisnis yang anda miliki kesamaan ide dengan orang lain diluar sana dan dengan kendala yang sama untuk memulai bisnisnya.

Anda bisa membagi modal usaha seperti 50% : 50%, atau anda bisa membagi modal usaha dalam bentuk supply barang sebagai bahan baku produksi.

Baca juga Manfaat organisasi yang mungkin bermanfaat untuk mencari partner yang berkelas.


2. Ikuti Peluang

Banyak sekali diluar sana, event-event untuk para pengusaha pemula yang mempunyai ide-ide kreatif dan besar. Sebagai contohnya anda bisa mencoba mengikuti program yang disediakan :

  • Mandiri wirausaha muda
  • Dari Pemerintah setempat semisal MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA)
  • Dan dari pihak swasta lainnya

Tentunya tidak semuanya bisa mendapatkan modal dari event-event tersebut, dibutuhkan kerja keras dan ide kreatif serta persiapan yang matang dalam mendirikan usaha, silahkan baca point penting dalam mendirikan usaha.


3. Menjual Aset

Salah satu cara tergampang untuk mencari modal usaha, yaitu menjual asset atau barang yang kita miliki. Namun yang perlu kita rencanakan sebelum menjual asset tersebut adalah.

  • Apakah barang tersebut lebih bermanfaat apabila kita gunakan untuk mensupport usaha kita daripada sekedar menjualnya?
  • Melihat nilai jual dari barang tersebut, semisal kita mempunyai warisan rumah. Tetapi kebutuhan akan modal usaha tersebut belum begitu mendesak, sehingga kita bisa menunda untuk menjual rumah tersebut sampai harganya lebih tinggi. Dikarenakan harga property rumah setiap saat akan mengalami penaikan.

4. Menggadaikan Aset

Apabila dirasa kebutuhan modal kita tidak terlalu besar, sehingga jika kita menjual asset tersebut uang hasil penjualannya masih lebih untuk penggunaan modal maka menggadaikan akan lebih baik daripada menjualnya langsung.

Namun beberapa hal yang perlu dicermati sebelum menggadaikan asset adalah :

  • Apabila hasil gadai tersebut terdapat bunga, usahakan cari tempat penggadaian yang menawarkan suku bunga ringan. Walaupun tidak dianjurkan dikarenakan mengandung unsur riba, mungkin artikel baca 10 cara dagang rasulullah dapat membantu memahaminya
  • Gadai adalah bahasa lain daripada hutang, sehingga apabila kita menggadaikan asset kita, kita harus menghitung gadai tersebut sebagai hutang usaha. Agar tidak mengalami kesusahan untuk membagi modal usaha, batas maximal pembayaran hutang adalah 30% dari penghasilan kita.

Menggadaikan aset yang kita miliki mungkin lebih bijak daripada langsung menjualnya. akan tetapi, kita juga harus dapat memaksimalkan penggunaan income bisnis. dikarenak kita sudah memiliki “hutang” sebelum memulai bisnis.


5. Mencari Investor

Apa beda investor dengan mencari partner seperti di point pertama?

Investor lebih bermodal tinggi dibandingkan dan tentunya lebih professional, hubungan kita dengan investor tidak hanya sebatas pemberi pinjaman dan pelaku usaha. Namun terlebih adalah hubungan professional yang harus menguntungkan.

Yang perlu dipahami sebelum mencari investor adalah, bahwa seorang investor adalah orang professional. Tidak akan mau seorang investor meminjamkan uangnya puluhan hingga ratusan juta apabila ide usaha anda tidak brillian.

Beberapa persiapan penting sebelum mengajukan pinjaman modal ke investor adalah :

  • Tentukan Banyak Uang Yang Dibutuhkan

Tentukan berapa, dan rekap semuanya dalam soft file maupun hard file (print) agar dapat dengan mudah dijelaskan. Sehingga kita dapat memutuskan dengan mudah berada modal yang kita butuhkan.

  • Ketahui Nilai Kredit Usaha anda

Bagaimana caranya? Tentunya secara logika tidak mungkin seorang dengan ide akan menjual minuman jus di depan kampus hendak meminjam ratusan juta.

Apabila berupa took, tentukan harga tanah/m untuk tempat usaha anda, tentukan berapa pendapatan tiap bulan anda, dsb.

  • Bandingkan pinjaman dari beberapa investor

Tak kalah penting, jangan tergesa-gesa dalam mencari modal. Bandingkan investor A dengan investor B. berapa maximal pinjaman yang dapat merke berikan kepada kita.

  • Buat paket dokumen yang perlu dipersiapkan

Selalu persiapkan dokumen dokumen penting, baik berupa file maupun hard copy.

Disarankan untuk mencari investor dengan metode bagi hasil daripada mengajukan pinjaman dengan metode suku bunga, agar kita jauh dari riba’.


6. Kredit Bank

Walaupun sangat tidak dianjurkan, adalah mencari modal melalui pinjaman kredit pada bank. Karena penuh dengan unsure riba’.

Ada 2 jenis pinjaman pada bank, yaitu :

  • pinjaman dengan jaminan

Pinjaman dengan memberikan jaminan kepada bank, bisa berupa dokumen berharga atau barang.

  • pinjaman tanpa agunan.

Dengan suku bunga yang relative sangat tinggi (bisa mencapai 10 persen keatas), walaupun dengan sarat yang relative ringan.

Bagaimanapun cara yang kita pilih, kredit pinjaman terhadap bank adalah cara terakhir apabila memang sangat membutuhkan modal. Karena tidak sedikit para pengusaha baik kecil, mengenah, hingga tinggi yang bangkrut karena tidak mampu membayar hutang ditambah suku bunga dari bank.

Sekian pembahasan artikel 6 Cara Termudah Mencari Modal Usaha, tentunya masih banyak cara untuk mencari modal, namun penulis hanya menyampaikan yang benar-benar mudah kita lakukan dalam mencari modal.

Terima Kasih, Silahkan Share Jika Menurut Anda Bermanfaat Untuk Anda dan Orang Lain.

REAKSI KAMU?
Bagikan Votingmu!!
0
0
0
0
0
0
0
0
0
Click to comment

Facebook Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top