Lifestyle

6 Point Penting Mendirikan Usaha

point penting mendirikan usaha

www.bacaanku.com, Di jaman modern seperti saat ini, memenuhi kebutuhan tidak cukup hanya dari gaji pokok yang akhirnya banyak orang memutuskan untuk mendirikan usaha. Tidak sedikit juga para karyawan yang rela resign dari perkerjaan yang telah menghidupinya untuk mencari nafkah. Namun, banyak juga yang akhirnya putus asa dari bisnis yang digelutinya, sehingga membuat bisnisnya collapse (bankrut).

Apapun bidang pelajaran yang pernah kita tempuh, tidak menjadi jaminan kita akan sukses menjadi pengusaha. Tidak sedikit juga para pengusaha yang sekarang sukses adalah para pengusaha yang dulunya kuliah di bidang yang digelutinya. Banyak para pengusaha yang dulunya kuliah psikologi sukses menjadi pengusaha catering, banyak juga yang Cuma lulusan SMA, SMP atau bahkan SD mampu membuat usaha yang sukses.

Namun, tentunya segala usaha yang saat ini sukses tidak jauh dari kerja keras perintis usaha tersebut. Diperlukan ketekunan dalam mendalami setiap celah di bisnis yang akan kita geluti. 6 Point Penting Mendirikan Usaha yang harus dicermati adalah :

1. Tentukan bisnis yang sesuai

Banyak para pengusaha yang saat ini sukses dari usaha yang ditekuninya adalah berbeda dari bidang kuliah yang dipelajarinya. Bisnis bisa dikatakan sesuai bukanlah bisnis yang sesuai dengan diri kita, melainkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini.

Pahami kebutuhan masyarakat yang sesuai, misalkan, saat ini kebutuhan masyarakat yang paling ngetrend adalah narsis. Tentunya apabila kita menyediakan/merintis usaha yang sesuai, misalkan kita hendak membuat tempat makan/warung makan, bagaimana kita membuat tempat makan kita tersebut menjadi layak untuk mereka jadikan tempat berfoto ria akan menambah nilai jual dibandingkan hanya menyajikan makanan yang enak semata.

2. Modal

Selalu, modal adalah permasalahan pokok bagi setiap orang setiap kali akan mendirikan suatu usaha. Lalu bagaimana kita akan memulai usaha sedangkan kita tidak mempunyai modal? Beberapa cara berikut adalah bagimana mendapatkan modal untuk mulai merintis usaha :

  • Kerja Sama

Cari kerabat atau teman yang mau bekerja sama untuk meringankan modal usaha, artikel Manfaat organisasi mungkin dapat membantu untuk mempermudah kita mencari partner untuk kerja sama.

  • Ikuti Peluang

saat ini, banyak program-program dari pemerintah maupun perusahaan lokal/internasional yang dapat membantu para pebisnis pemula dalam membiayai usaha yang hendak dirintis. misalkan mandiri wirausaha muda, dsb. tentunya sebelum anda mengikuti kontes tersebut, matangkan segala hal mengenai ide usaha anda tersebut.

  • Menjual Aset

mungkin cara ini adalah cara yang paling gampang, namun yang perlu kita perhitungkan adalah apakah barang tersebut akan lebih berguna bagi kelangsungan usaha anda atau tidak? misalkan, apabila anda hendak memulai bisnis yang membutuhkan transportasi. akan lebih baik anda tidak menjual kendaraan untuk meminimalkan pengeluarang transportasi.

  • Menggadaikan Aset

Menggadaikan aset yang kita miliki mungkin lebih bijak daripada langsung menjualnya. akan tetapi, kita juga harus dapat memaksimalkan penggunaan income bisnis. dikarenak kita sudah memiliki “hutang” sebelum memulai bisnis.

  • Mencari Investor

Sebelum memutuskan untuk mencari investor, sangat lebih baik bagi kita untuk mematangkan segalanya mengenai bisnis kita. dikarenakan orang yang menjadi investor tentunya sudah menjadi profesional, yang mampu dengan mudah menangkap peluang bisnis kita kedepannya.

  • Mengajukan Pinjaman

Cara terakhir dan tidak disarankan oleh penulis adalah untuk mencari modal usaha adalah mengajukan pinjaman kepada orang maupun bank. yang perlu kita teliti saat mengajukan pinjaman adalah bunga pinjaman tersebut. karena tidak sedikit para pengusaha yang keuntungannya habis hanya untuk menutup bunga pinjaman.

Silahkan Baca 6 Cara Termudah Mencari Modal Usaha untuk lebih detail

3.Tes Pasar

 

Tes pasat sangat diperlukan apabila usaha anda berupa barang, semisal suatu makanan lakukan tes kepada para tetangga anda, apa kelebhan dan kekurangan produk makanan anda tersebut. sehingga kelebihan bisa anda jadikan bahan promosi, dan kekurangannya bisa anda jadikan bahan evaluasi.

4. Tempat Strategis

apabila usaha anda adalah sebuah pertokoan, cari tempat strategis untuk penempatan toko. usahakan menghindari jalan besar, walaupun ramai kendaraan lalu lalang, namun seringnya kendaraan tersebut hanya sekedar lewat sebagai sarana untuk menuju lokasi, bukan sebagai meet point.

5. Promosi

Bisa dibilang, promosi adalah nyawa bagi setiap usaha. baik usaha kecil maupun skala internasional pun akan selalu membutuhkan promosi. manfaatkan segala promosi yang dapat mempermudah branding usaha anda.

6. Event

Event kegiatan adalah salah satu bukti bahwa usaha kita menjanjikan. selain untuk menambah nilai jual usaha kita, suatu event juga dapat menunjang promosi, misalkan membuat event diskon untuk weekend, diskon untuk couple, event voucher bonus, dsb.

Bagi para entrepreuner muda, harus memahami 6 point penting mendirikan usaha seperti yang disebutkan diatas. Baca juga Cara Berdagang Warisan Rasulullah

Sekian artikel kali ini, Semoga bisa memberi inspirasi kepada Anda.

Terima Kasih, Silahkan Share Jika Menurut Anda Bermanfaat Untuk Anda dan Orang Lain.

REAKSI KAMU?
Bagikan Votingmu!!
0
0
0
0
0
0
0
0
0
Click to comment

Facebook Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top