Lifestyle

6 Tips Memilih Pakaian Casual Untuk Interview

6 Tips Memilih Pakaian Casual Untuk Interview

www.bacaanku.com Bagi para sarjana muda, mencari kerja tentunya prioritas utama setelah kelulusan. Permasalahan yang biasanya muncul bagi fresh graduate adalah bagaimana menentukan set outfit untuk interview kerja.

Pentingnya memakain pakaian yang tepat dalam situasi tertentu dapat menambah nila lebih dimata penguji. “first impressions are always important…” begitu kata para ahli psikologis, tanggapan pertama selalu menjadi hal penting, nantinya akan admin bahas di kesempatan berikutnya.

Back to the point, bagaimana tips memilih pakaian untuk tes kerja?, ada dua jenis tes interview yang mungkin perlu diketahui setiap pelamar kerja yaitu formal dan informal/casual. Tergantung pada bagian apa anda melamar kerja. semisal anda melamar kerja pada bidang desain, tidak sedikit juga para pengusaha desain yang tidak mementingkan set pakaian para pegawainya asalkan mereka mampu bekerja dengan cerdas.

Begitu juga dengan tes kerja formal, apabila tempat anda melamar kerja adalah di perusahaan yang sering berhubungan dengan masyarakat luar, sering kali diharuskan untuk berpakaian rapi. Untuk penentuan pakaian formal ini akan dijelaskan di kesempatan berikutnya oleh admin.

Bagaimana Tips Memilih Pakaian Casual Untuk Interview kerja :

1. Jangan Berlebihan, jangan lebay 😀

Sering kali para fresh graduate salah mengambil keputusan karena masih gugup dan kurang percaya diri sehingga berusaha semampu mungkin untuk berpenampilan sebaik mungkin. Namun, biasanya hal tersebut membuat kita lupa akan diri kita sendiri.

Bagi para wanita, tak perlu menggunakan aksesoris berlebihan. Jangan gunakan aksesori yang terlalu mencolok baik warna maupun desain aksesoris tersebut.

  • Apabila anda berambut panjang, cukup gunakan tali/kuncir untuk merapikan rambut.
  • Jika anda berkerudung, jangan menguncir rambut anda dengan gaya seperti punuk unta. Karena hanya akan mengurangi kerapian anda.

2. Warna

Kali ini saya quote perkataan dari dosen ane langsung 😀
desain bagus itu paling banyak 3 warna, 4 warna menyusahkan, 5 warna norak

Berlaku juga dengan pakaian, 4 warna adalah jumlah maximal corak warna dalam menggunakan pakaian. Namun apabila masih pengen menggunakan warna lebih dari 4 disarankan menggunakan warna pastel, karena warna pastel lebih mudah berbaur dengan warna yang kontras.


3. Desain Baju

Sangat amat penting!! Jangan meremehkan bagaimana desain sablon yang ada pada t-shirt kalian. Jangan sekali-kali datang di interview kerja yang kasual sekalipun, dengan desain sablon kaos yang cadas, roker, dsb.

Hal tersebut dapat memberikan kesan buruk pada anda. Kalau anda tidak suka kaos polos tanpa sablon, usahakan mencari kaos dengan desain sablon “tulisan” untuk menghindari kesan fanatik.


4. Sabuk

Walaupun anda menggunakan kaos saat interview, tetap gunakan sabuk yang bernuansa formal.


 5. Celana

Celana identik dengan tinggi pendeknya tubuh kita, untuk pemilihan celana apabila ingin aman bisa menggunakan celana jeans dengan warna gelap. Karena warna gelap lebih memudahkan untuk perpaduan warna.

Tips penting bagi anda yang bertubuh pendek, jangan gunakan celana yang menggantung diatas mata kaki, karena hal tersebut bisa memberikan kesan kaki anda lebih besar. Cara terbaik adalah gunakan celana panjang dan sesuai ukuran yang mampu menutupi seluruh mata kaki.


6. Sepatu

Tetap memakai sepatu! Jangan memakai sandal saat akan melakukan interview. Gunakan sepatu yang menutupi seluruh bagian kaki anda, jangan menggunakan sepatu sandal yang hanya menutupi bagian depan sepatu anda.

Sekian artikel kali ini, Semoga bisa memberi inspirasi kepada Anda.

Terima Kasih, Silahkan Share Jika Menurut Anda Bermanfaat Untuk Anda dan Orang Lain.

REAKSI KAMU?
Bagikan Votingmu!!
0
0
0
0
0
0
0
0
0
Click to comment

Facebook Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top