Lifestyle

8 Manfaat Organisasi

8 Manfaat Keren Ikut Organisasi

Di jaman sekarang, gak pinter gak gaul gan. Gak Cuma bagaimana kita harus tampil keren untuk kelihatan berkelas, tapi ketika semakin bertambah umur kita, tuntutan hidup akan lebih tinggi daripada sekedar tampilan.

Artikel kali ini admin bakal menjelaskan berbagai hal positif bagi kita yang mau ikut organisasi di saat menjalani masa pendidikan, baik itu SMP, SMA maupun Kuliah. Berdasarkan pengalaman pribadi sendiri, jadi bisa dipastikan Manfaat Organisasi di artikel ini bakal kredibel :p

Admin sendiri adalah tipikal orang pendiam, maklum orang-orang yang setiap hari didepan komputer biasanya tipe orang introfet (kurang bisa bergaul) dengan dunia luar. Tiap hari kerjaan admin masa SD-SMA Cuma main game, baru akhirnya waktu masuk SMA admin ikut organisasi, mulai dari OSIS, PMR, dsb.

8 Manfaat Keren Ikut Organisasi bagi kita berdasarkan pengalam admin sendiri :

  1. Meningkatkan kepercayaan diri

Tidak semua orang bisa berbicara didepan orang banyak dengan tenang dan leluasa, yang akhirnya menjadikan diri kita minder. Salah satu keuntungan bagi kita saat mengikuti Organisasi adalah mampu meningkatkan kepercayaan diri kita.

  1. Menambah Wawasan

Bagi para pelajar muda, anak SMP semisal. Tidak banyak pelajar muda yang sudah atau mahir dengan teknologi misal. Organisasi selalu menuntut para anggotanya untuk selalu berkembang, yang akhirnya mau tidak mau para anggota tersebut akan mengupgrade pola piker mereka untuk mengikuti perkembangan zaman, sehingga kegiatan dari organisasi yang mereka adakan lebih menarik.

  1. Menambah Relasi

Tidak dapat dipungkiri lagi, Relasi adalah salah satu kunci sukses bagi kita di masa mendatang. Dalam organisasi, tidak sedikit kegiatan sekolah misalnya, yang mengharuskan kita untuk menawarkan kerja sama kepada para sponsor untuk menopang kegiatan kita.

Bisa dibayangkan, saat kita sudah beranjak dewasa dan bingung mencari kerja sana sini dan susah. Dengan relasi yang banyak, kita akan semakin mudah mencari lowongan, atau bekerja sama dengan relasi lama di masa SMA dulu?

  1. Upgrade soft skill kita yang terpendam

Apa itu soft skill?

Soft skill adalah suatu kemampuan, bakat, atau keterampilan yang ada di dalam diri setiap manusia. Organisasi akan meningkatkan soft skill kita, mulai dari pola piker yang semakin dewasa, reflect pemikiran yang lebih cepat ketika dihadapkan dengan suatu masalah yang membutuhkan mengambil keputusan dengan cepat, dsb.

salah satu contoh soft skill kreatifitas 17 desain simpul sepatu keren

  1. Menambah list hard skill kita

Hard skill adalah lawan dari soft skill yang sudah disebutkan diatas.

Mungkin kita yang awalnya tidak mahir dalam mendesain, akhirnya bisa mengerti bagaimana cara mendesain baik computer maupun manual. Bisa dari tuntutan kegiatan sewaktu menjadi panitia, atau mungkin juga mendapat ilmunya dari kegiatan workshop yang organisasi kita adakan.

  1. Membanggakan orang tua

Orang tua mana yang tidak bangga mengetahui anaknya berprestasi, dapat bermanfaat bagi lingkungan sekitar. Setiap penerimaan raport selalu dipuji guru karena anaknya pinter, aktif di organisasi dan berbakat :D.

  1. Gampang dapat nilai bagus

Siapa yang tidak suka mendapatkan nilai tinggi? Pasti semua suka 😀
keuntungan yang lain kalau kita ikut organisasi bisa dipastikan nama kita akan dikenal oleh guru atau dosen-dosen kita. Tentunya setiap guru atau dosen akan merasa sungkan apabila mau member nilai jelek.

Kejadian ini dialami oleh teman admin sendiri, waktu itu teman admin menjadi aslab di suatu perguruan tinggi. Saat UTS, ternyata temen admin dan beberapa temannya mengumpulkan tugas UTS dari hasil download. Sudah jelas dosen tersebut tau kalau tugas yang mereka kumpulkan adalah hasil download dari internet, untungnya teman admin adalah aslab, jadi dia diberi nilai C, sedangkan teman yang lainnya harus mengulang di semester depan.

  1. Mempermudah dapat jodoh

Yang terakhir nih, hari gini masih jomblo? :p

Percaya atau tidak, untuk yang terakhir ini bisa ditanyakan kepada orang tua kalian, atau teman-teman kalian. Tidak sedikit pasangan yang akhirnya nikah dari teman satu organisasi di masa SMA dulu, atau masa SMP dulu dikarenan kenangan di masa menjalani organisasi itu tidak mungkin hilang.

Bagaimana bisa hilang, mungkin saja tiap tahun ada reuni? Mungkin juga tiap tahun ada silaturrahim lebaran? Yang selalu merefresh kenangan-kenangan kita di masa organisasi.

Sekian dulu beberapa Manfaat Organisasi bagi kita di masa sekolah dari admin, semoga kalian yang masih tidak yakin pada organisasi, dapat menyadari betapa pentingnya organisasi itu sebenernya.

Terima Kasih, Silahkan Share Jika Menurut Anda Bermanfaat Untuk Anda dan Orang Lain.

REAKSI KAMU?
Bagikan Votingmu!!
0
0
0
0
0
0
0
0
0

Artikel Terkait :

Click to comment

Facebook Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top