SEO

Apa itu SEO ? Pembahasan Lengkap Tentang SEO

Apa itu SEO & Apa Manfaatnya Untuk Website

Apa itu SEO ? Pembahasan Lengkap Tentang SEO,-

Search Engine Optimization adalah suatu teknik dimana bisa membantu website/artikel Anda terlihat dan muncul di hasil pencarian oleh seseorang…

Jika Anda memutuskan untuk menjadi seorang blogger atau internet marketer, Maka SEO adalah hal yang wajib hukumnya untuk dipelajari.

Apa sih keuntungan menerapkan SEO pada website kita?

Keuntungan yang paling kentara adalah kita bisa mendapatkan visitor organik (Hasil search engine) secara berkala, Selain itu kita tidak perlu mengeluarkan modal sepersenpun untuk menerapkan SEO.

Berbeda dengan metode Iklan, Selain berbayar juga mempunyai jangka waktu tertentu sehingga kurang efektif jika Anda tidak mempunyai dana yang cukup.

Secara sederhana, SEO akan sangat membantu Anda secara berkala dan tidak hanya dalam kurun waktu tertentu, sehingga lebih efektif sekaligus efesien.

Apa itu SEO ? SEO adalah teknik untuk menaikkan visitor organik pada website

Siapa Saja Yang Harus Belajar SEO?

Semua orang yang punya website HARUS belajar SEO!

Apa Untungnya Belajar SEO?

Secara sederhana adalah kita bisa mendapatkan traffic organik (dari search engine), Dan akan saya bahas lebih dalam di artikel ini, jadi pastikan membacanya sampai selesai.

Saya punya website e-commerce apakah saya perlu SEO?

Wajib!! Dan biasanya website e-commerce minim keyword yang bisa dibidik, oleh karena itu para pemilik website e-commerce menggunakan blog (artikel) untuk menunjang SEO mereka.

Saat ini saya sendiri juga sedang develop website e-commerce, Dan akan saya buatkan sebuah artikel khusus website e-commerce di kesempatan lain.

Saya tidak pandai bermain imers, Apakah saya bisa menyewa jasa SEO?

Bisa, dan sangat disarankan jika memang Anda “niat” untuk mengurus website.

Bahkan perusahaan traveloka pun menyewa orang khusus untuk mengurus SEO mereka, walaupun promosi mereka sudah gencar di media digital.

Bagaimana cara tercepat belajar SEO?

Jawabannya cuma 1, yaitu Praktek, gak usah banyak tanya sebelum mencoba.

Jika buntu, baru silahkan mencari tahu di forum, grup sosial media, atau bertanya pada mastah.

Secara umum, SEO terbagi menjadi 2 tahapan :

On-page SEO

Apa itu Seo On-page

Adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan isi dalam website kita, Segala sesuatu yang perlu kita setting dan tambahkan untuk optimasi website kita.

On-page seo mencakup beberapa hal berikut :

Off-page SEO

Apa itu SEO off-page

…Secara ringkas, off-page SEO adalah segala sesuatu yang berada diluar website kita. Atau bisa juga menyebutnya dengan istilah link building.

Pengaplikasian off-page SEO sering juga disebut dengan backlink, Tentunya backlink yang berkualitas sebab dengan salah memilih backlink justru dapat menurunkan kualitas webste Anda.

off-page seo mencakup beberapa hal berikut :

ok done, setidaknya sekarang Anda sudah paham Apa itu SEO secara singkat.

[divider style=”dotted” top=”5″ bottom=”5″]

Sekarang mari kita lanjutkan pembahasan artikel ini lebih mendalam…

Setelah melakukan optimasi diatas, Setidaknya Anda mempunyai peluang lebih besar (dari sebelumnya) untuk membuat artikel Anda berada di halaman pertama.

Namun, pasti timbul pertanyaan seperti ini…

Saya sudah melakukan optimasi diatas, Tapi kenapa tidak kunjung menempati halaman pertama?

Jawaban singkatnya adalah, Berarti website saingan Anda mempunyai off-page SEO yang lebih powerfull daripada Anda.

Bagaimana cara mengetahui off-page SEO website orang lain?

  • Buka website mereka, Kemudian lihat berapa banyak follower dari sosial media mereka
    Walaupun visitor dari sosial media bukan merupakan organic traffic, Namun kebanyakan dari mereka lebih mudah tertarik untuk membaca artikel Anda sebab mereka melakukan follow fanspage Anda dengan sukarela dan menganggap website Anda berkualitas.
  • Cek backlink mereka dengan menggunakan tools dari moz ini.
    Kemudian bandingkan dengan milik Anda, bagaimana hasilnya?

Kenapa off-page SEO itu “lebih” penting?

Pertama, Search engine, khususnya google setiap tahun selalu memperbarui algoritma mereka.

Sebagai contoh, Beberapa tahun yang lalu banyak para imer yang memanfaatkan backlink melalui komentar yang ada di website milik orang lain.

Google mengetahui bahwa hal tersebut banyak dimanfaatkan untuk memasang backlink secara brutal, Dan akhirnya memutuskan untuk tidak membuat link pada komentar menjadi backlink berkualitas.

Kedua, off-page SEO memberikan kesan pertama pada search engine dan menilai apakah website Anda layak untuk menempati peringkat pertama.

Contoh sederhananya adalah seperti ini, Ketika Anda melihat sebuah fanspage atau posting pada facebook (atau sosial media lainnya) pasti postingan yang memiliki lebih banyak like atau +1 terlihat lebih kredibel di mata Anda.

Ketiga, Apa saja keuntungan website dengan off-page SEO yang bagus?

  • Peningkatan pada ranking, Website akan mendapatkan rank lebih tinggi pada SERP dan berarti juga visitor yang lebih banyak
  • PageRank yang tinggi, Pagerank adalah algoritma yang digunakan oleh Google untuk menilai website Anda “dianggap” penting oleh Google (pagerank bernilai 1 – 10)

Keempat, Website lebih sering terekspose

Maksudnya adalah website Anda lebih mudah dikenal orang lain secara menyeluruh, Dari search engine, sosial media, dan mention (backlink) secara sukarela dari website lain.

Yang artinya, Rantai promosi yang tak akan pernah habis.

Bayangkan saja ketika Anda mempublish posting dengan jumlah like puluran ribu bahkan lebih pada fanspage Anda dan ada orang lain (dengan teman sebanyak 1000) yang share artikel Anda di sosial media berarti +1000 “calon visitor” website Anda.

Belum lagi organic visitor dari hasil search engine juga.

Link Building

Setelah memahami penerapan diatas, Sekarang saatnya membahas link building…

Penjelasan yang paling ringan bagi link building adalah bagaimana Anda berusaha untuk mendapatkan lebih banyak like, +1, mention, retweet atau apa saja yang jelas bisa membuat Anda mendapatkan peringkat lebih tinggi daripada saingan Anda.

Beberapa metode yang paling populer adalah :

Inbound link, Atau lebih singkatnya adalah link yang menuju ke link lain dalam website Anda sendiri (inbound link).

Forum, Walaupun banyak forum yang melarang menempatkan link aktif dan follow, Tapi tidak ada salahnya untuk mempromosikan website Anda pada forum untuk meningkatkan brand awareness milik Anda.

Blogwalking, Sama seperti cara diatas, Dengan melakukan blogwalking Anda dapat meningkatkan brand awareness milik Anda. Tentunya dengan blogwalking yang berkualitas dan sesuai topik website Anda.

Sosial share, Adalah memanfaatkan sosial media untuk mempromosikan konten Anda.

Jika Anda melihat beberapa cara diatas, Pasti Anda memahami bahwa cara diatas tidak menghasilkan link follow pada website Anda.

Memang benar, saat ini Google lebih mengedepankan untuk menilai backlink yang baik dan benar. Istilahnya adalah backlink yang diberikan secara sukarela.

Apa itu SEO,- SEO lawas & baru

Apa itu SEO,- SEO lawas & baru

[divider style=”dotted” top=”5″ bottom=”5″]

White Hat Vs Black Hat

Pertanyaan baru lagi, Lalu kenapa sekarang masih banyak yang menjual jasa backlink dan sebagainya?

Mari lebih blak-blakan…

Dalam dunia imers, Ada istilah yang bernama white hat, black hat, grey hat.

White hat adalah istilah yang digunakan untuk menyebut para pelaku SEO yang sesuai aturan, Sedangkan Black Hat adalah mereka yang memanfaatkan setiap celah yang ada di search engine, Sedangkan Grey Hat adalah setengah dari mereka.

Saya tidak akan membahas lebih dalam mengenai para “topi” tersebut, Tapi akan saya jelaskan secara ringkas…

Para pelaku White Hat dalam SEO biasanya mendapatkan hasil dari tekniknya terbilang lama (kisaran 1 – 3 bulan baru terasa), Namun jika sukses akan bertahan lama dan worthed.

Sedangkan pelaku Black Hat, mendapatkan buah hasilnya secara cepat namun cepat pula terkena pinalty oleh Google.

Jadi…

… Membeli backlink adalah cara black hat, Tentunya dengan resiko bahwa website Anda bisa deindex kapanpun google mengetahui kecurangan Anda.

Setelah mengetahui jenis “topi” diatas, sekarang kita bisa lebih mengerucutkan bahasan mengenai link building ini, Yaitu apa saja faktor yang perlu Anda ketahui Mengenai Backlink ini :

1. Follow or No Follow?

Google menilai backlink dari jenis “rel” pada link aktif yang terdapat pada setiap website yang terdaftar di webmaster.

Secara default, semua link yang ada di website kita adalah follow. Atau lebih gampangnya adalah Anda menyetujui mempromosikan link yang Anda pasang di website Anda.

Jika Anda menggunakan platform wordpress, Anda bisa menggunakan plugin WP Eksternal Link untuk menambahkan tag rel=no follow pada setiap link aktif yang ada di website Anda.

Namun jika Anda menggunakan platform lain, Anda harus memberikan tag no follow secara manual pada link tersebut.

Saya menyarankan untuk memberikan tag rel no follow pada setiap link yang ada di website Anda, terutama link yang tersemat di kolom komentar website Anda.

2. Bagaimana Backlink Yang Bagus?

Backlink yang bagus adalah backlink yang diberikan secara sukarela oleh pemilik website tersebut, Tidak secara berbayar, tidak pula secara diminta. Tentunya yang sesuai dengan topik/niche website Anda.

Sebab Google juga mempunyai algoritma untuk mendeteksi bahwa backlink yang ada di suatu website tersebut adalah hasil dari pertukaran link.

3. Bagaimana Mendapatkan Backlink?

Setelah membaca poin ke-2 diatas, Pasti kita memahami bagaimana sulitnya mendapatkan backlink yang berkualitas.

Dan memang benar, Hal tersebut sangat sulit didapatkan, Saran saya adalah lupakan backlink ini. Fokuslah membuat sesuatu yang bernilai sehingga orang lain menganggap Anda layak untuk dipromosikan orang lain.

4. Kemudian, Apakah blogwalking sudah tidak bermanfaat lagi?

Jawabannya bisa iya bisa tidak, tergantung tujuan Anda melakukan blogwalking itu sendiri.

Google memang sudah tidak menilai link yang tertanam pada kolom komentar pada website, Namun blogwalking yang benar bisa membantu Anda meningkatkan brand awareness website Anda pada orang lain.

Silahkan baca : 7 tips blogwalking yang baik dan benar

5. Apakah Guest post cara yang baik untuk menaikkan backlink?

Jawabannya ada pada pemilik website itu sendiri, Jika pemilik website tersebut memperbolehkan Anda untuk memasang link maka Anda beruntung.

Tapi biasanya para pemilik blog tidak mengijinkan Anda untuk memasang link aktif pada website mereka, Dan sebagai gantinya Anda bisa memasang URL website Anda secara inactive.

Jika Anda mempunyai artikel yang bagus dan ingin membuat guest post pada website bacaanku.com, Silahkan Menghubungi saya.

6. Sosial Media

Pada setiap sosial media seperti facebook misalnya, Mereka tidak menyematkan tag follow pada link yang tersebar di sosial media tersebut.

Namun jangan salah, sampai saat ini promosi melalui sosial media masih sangat besar hasilnya untuk website.

7. Sosial bookmark

Sayangnya di Indonesia, sosial bookmark kurang begitu dikenal. Tapi bukan berarti Anda tidak bisa memanfaatkannya. Mungkin saja Anda bisa membuat postingan di sosial bookmark seperti kompasiana atau pulsk.

Jika Anda mempunyai website berbahasa inggris, Saran saya jangan lupakan Pinterest!!

[divider style=”dotted” top=”5″ bottom=”5″]

Kesimpulan…

Setelah membaca artikel Apa itu SEO kali ini, beberapa kesimpulan yang bisa diambil adalah :

Walaupun Anda sudah melakukan optimasi yang sedemikian rupa terhadap on-page SEO pada website Anda, Jangan pernah lupakan sisi off-page SEO.

Akan tetapi jangan over focus, Lupakan mencari backlink terlebih dahulu, fokuslah membuat website Anda berkualitas. Mulai dari diri sendiri dulu, Biarkan orang lain yang menilai.

Tugas Anda sebagai imers adalah mempromosikan konten Anda dengan baik, promosi yang baik akan berimbas baik pula kepada Anda.

[divider style=”double” top=”5″ bottom=”5″] []

Sekian artikel kategori SEO mengenai Apa itu SEO ? Pembahasan Lengkap Tentang Apa itu SEO yang sebenarnya kali ini, Semoga bisa memberi inspirasi kepada Anda, Terima Kasih.

Jika Ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan silahkan mengisi kolom komentar.

Silahkan Like Fanspage kami dan Share artikel ini Jika Menurut Anda Bermanfaat Untuk Anda dan Orang Lain.

REAKSI KAMU?
Bagikan Votingmu!!
0
0
0
0
0
0
0
0
0

Artikel Terkait :

7 Comments

7 Comments

  1. fatih daffa

    03/02/2016 at 18:04

    Di paragraf ke 7 anda bilang semua orang yang punya website harus belajar SEO,
    Lalu bagaimana dengan mereka para pemilik blog pribadi yang isi blognya tentang kehidupannya sehari-hari dan jarang di cari di mesin pencari, apakah mereka juga perlu belajar SEO?

    • jalaluddin al haq

      03/02/2016 at 18:13

      Tentu saja, karena secara tidak langsung pasti orang yang menulis di dunia maya pasti ingin dilihat oleh orang lain.
      Walaupun kemungkinan besar visitor hanya dari orang yang kita kenal, daripada memberitahu alamat kita secara lengkap, akan lebih baik optimasi SEO supaya lebih mudah dicari dengan keyword nama pemilik website.

  2. Fabio Handi

    03/02/2016 at 18:39

    Ane lagi nerapin konsep seo offpage gan doain berhasil ya

  3. Bos Informasi

    04/02/2016 at 09:42

    Ane sendiri masih belajar tentang dua konsep tersebut. On-page and off-page. Iya ane setuju dengan atas ane. Cerita keseharian seseorang jarang sekali dicari oleh orang lain. Bagaimana itu? Sementara blogger yang satu dengan yang lain memiliki pandangan yang berbeda.

    • jalaluddin al haq

      04/02/2016 at 10:38

      Jawabannya sama dengan yang saya sampaikan diatas.
      Kalau ada orang bikin website dan menulis di website mereka, tentunya mereka ingin tulisan mereka dibaca.

      Bahkan dengan melakukan sharing ke sosial media pun sudah termasuk melakukan off-page SEO

  4. wahyu eka

    08/02/2016 at 14:58

    Jujur sampai sekarang ogutt masih belum mengerti seo on page, cari riset keyword, setiap postingan bidik kata kunci yang kuat, meta tag segala macem , tolong dong mas artikel selanjutnya bahas lebih detail lagi, biar saya lebih ngerti seo on page

Facebook Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top