Islami

budaya pesantren yang sulit dihilangkan

Budaya pesantren yang sulit dihilangkan

Pondok pesantren merupakan pusat sarana untuk menimba ilmu agama, banyak para santriwan santriwati yang datang berjauhan hanya untuk menimba ilmu dan juga ngalap barokah dari kyai.

Pondok pesantren memiliki banyak ciri khas tersendiri salah satunya dalam hal budaya. Dipondok pesantren terdapat budaya yang mungkin jarang ditemukan diperkampungan manapun, karena hanya dipondok pesantrenlah budaya ini dianggap sangat amat biasa, apasajakah itu?

1. Ghosob

budaya pesantren yang sulit dihilangkan yang satu ini dalam istilah keseharian kita adalah meminjam tanpa izin, merupakan hal yang sangat biasa dilakukan oleh para santri, barang yang paling sering dighosob adalah sandal, kopyah, baju koko dll.

budaya ini sangat kurang baik dilakukan santri, tetapi bila kita telaah lebih dalam didalam hidup perlu yang namanya iklas, yak, pelajaran yang paling sulit dilakukan oleh manusia adalah pelajaran iklas.

2. Ngopi (nongkrong)

budaya pesantren yang sulit dihilangkan yang kedual adalah Ngopi, ngopi merupakan rutinitas yang sering dilakukan oleh santri, akan tetapi ngopi bagisantri berbeda fungsinya, kalau kebanyakan orang ngopi hanya sekedar nongkrong untuk melepas penat, lain halnya dengan santri.

ngopi atau nongkrong sering dimanfaatkan oleh para santri untuk mendiskusikan sesuatu entah itu pelajaran, organisasi, ataupun masalah yang dihadapi di pondok, santri biasa menyebutnya khalaqoh.

3. Rokok

dimana ada kopi disitu ada rokok, istilah itu paling tepat diutarakan pada kaum santri, kalau pada umumnya merokok dianggap hal yang mengganggu lain halnya dengan santri, merokok bukanlah hal yang negatif bagi para santri, itu karena merokok bagi santri dapat mengurangi depresi akibat banyaknya pelajaran atau hafalan yang dihadapi oleh santri.

dengan merokok santri dapat berfikir cemerlang dan bisa mengutarakan apa yang ada difikirannya

4. Ngantri

Mengantri adalah hal yang paling membosankan bagi khalayak umum, tetapi tidak pada santri, mengantri adalah hal yang sangat mudah dijumpai dipondok pesantren, pasalnya santri yang datang diberbagai nusantara berkumpul menjadi satu dalam sebuah majlis, dan tentu ini akan membuat berbagai rutinitas selalu mengantri. mulain dari makan, mandi, wudlu dll.

5. Begadang

budaya pesantren yang sulit dihilangkan yang kelima adalah begadang, begadang pada umumnya dianggap kurang baik, tetapi tidak untuk santri. begadang untuk santri bukanlah hal yang mubadzir, begadang bagi santri sangat bermanfaat untuk mendiskusikan masalah-masalah pelajaran ataupun yang lainya.

6. Tidur dikelas

tidur dikelas hal yang sangat biasa dilakukan oleh santri, bukan karena begadang yang berlebihan, ntah kenapa saat disekolah mata terasa ngantuk walaupun malam tidak begadang, tetapi saat kembali ke pesantren setelah sekolah, mata terasa bugar.

REAKSI KAMU?
Bagikan Votingmu!!
0
0
0
0
0
0
0
0
0
Click to comment

Facebook Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top