Adsense

Cara Menggunakan Page Level Ads Google Adsense Untuk Optimasi Earning Anda

Cara Menggunakan Page Level Ads

Beberapa waktu yang lalu, Google adsense telah meluncurkan fitur terbaru yaitu page level ads khusus untuk mobile (smartphone).

Sama seperti fitur match content ads (atau lebih dikenal dengan iklan related post), Sebenarnya fitur page level ads bukanlah hal yang baru, Fitur ini sudah diberikan kepada publisher yang mempunyai lalu lintas website yang tinggi.

Sesuai janji yang disampaikan oleh pihak google, bahwa sebenarnya semua fitur akan diberikan kepada seluruh publisher. Akan tetapi setelah melalui tahap yang benar benar dipastikan layak untuk diberikan.

Apa itu Page Level Ads?

Page level ads merupakan fitur untuk menampilkan iklan pop up atau sticky yang hanya akan tampil jika pengunjung menggunakan smartphone untuk mengakses blog Anda.

Contoh Page Level Ads

Terdapat 2 pilihan untuk iklan page level ads, yaitu sticky dan pop up sebelum akses halaman artikel sebenarnya…

Contoh Page Level Ads Google Adsense

Contoh Page Level Ads Google Adsense

  • Anchor/Overlay Ads akan otomatis aktif jika browser yang digunakan oleh pengunjung website Anda support.
  • Vignette Ads akan otomatis aktif ketika pengunjung website Anda melakukan klik pada link dan kemudian menampilkan iklan terlebih dahulu sebelum kemudian menampilkan isi artikel.

Cara Menggunakan Page Level Ads

Tidak seperti iklan konten atau iklan penelusuran yang biasa digunakan, Iklan page level ads ini hanya mempunyai 1 script yang Anda tanamkan pada blog Anda.

Cara Menggunakan Page Level Ads sangat mudah, Tahap awal Silahkan mengakses menu page level ads pada content ads kemudian ikuti tahapan dibawah ini secara rinci…

menu page level ads

menu page level ads

1. Anda hanya perlu menggunakan 1 pilihan page level ads, Silahkan tentukan apakah Anda akan menggunakan Anchor Ads atau vignette Ads

2. Setelah mengaktifkan salah satu dari iklan diatas, Langkah selanjutnya adalah mengambil script dengan menekan tombol get code

3. Paste code yang telah Anda dapatkan tepat dibawah tag <head> dan diatas tag <body> kemudian simpat hasil edit template Anda

  • Blogger : Untuk pemasangan pada blogger/Blogspot Anda bisa menuju menu template dan pilih edit HTML dan paste code tepat dibawah tag <head>
  • WordPress : Untuk mencari tag <head> pada wordpress, Anda bisa mengaksesnya melalui menu appearance > Editor > header.php dan paste code tepat dibawah tag <head>

4. Setelah menyimpan settingan template Anda, Ada baiknya Anda melakukan tes terlebih dahulu apakah terjadi error atau tidak dengan mengakses URL blog Anda dengan diimbuhi #googleads pada akhir URL…

Contoh (http://bacaanku.com/#googleads)

Preview Page Level Ads

Preview Page Level Ads

Jika Anda menemukan note seperti diatas, Anda hanya perlu melakukan clik pada salah satu link aktif yang terdapat pada halaman tersebut untuk tes apakah iklan tersebut aktif atau tidak.

Haruskah Menggunakan Page Level Ads?

Dari beberapa keuntungan dengan menggunakan page level ads tentunya ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, Diantaranya adalah :

1. Kecepatan Website

Dengan menambahkan script request pada header tentunya akan sangat berdampak pada kecepatan loading website. Jangan lupa untuk optimasi kecepatan website Anda dengan membaca artikel ini.

2. Kenyamanan Pengunjung

Berbeda bagi setiap pengunjung, Namun jika konten yang Anda miliki memang menarik dan bermanfaat bagi mereka tentunya pengunjung tidak akan mempermasalahkannya.

3. Batas Maksimal Penempatan Iklan

Semua publisher adsense pasti tahu bahwa terdapat batas penempatan iklan untuk setiap halaman website.

Seperti yang saya sampaikan pada artikel Daftar Pertanyaan Google Adsense (30+ lebih) terdahulu bahwa batas maksimal penggunakan iklan tiap halaman adalah 8 (3 iklan konten, 3 iklan tautan, 2 iklan penelusuran).

Untungnya, Page level ads tidak termasuk dalam hitungan batas iklan diatas, Jadi Anda tetap dapat menggunakan page level ads sekaligus batas maksimal iklan tiap halaman.

Sekian artikel kali ini, Jika Anda mempunyai kesulitan dengan Cara Menggunakan Page Level Ads ini jangan sungkan sungkan untuk bertanya kepada saya dengan mengisi kolom komentar…

REAKSI KAMU?
Bagikan Votingmu!!
0
0
1
0
0
0
0
0
0

Artikel Terkait :

Click to comment

Facebook Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top