Kesehatan

Hepatitis Penyebab Utama Kematian Pada Anak!! Deteksi dan Tangani Sedari Dini.

internet provider alternatif indie home

Hepatitis (Radang hati) Penyebab Utama Kematian Pada Anak!! Deteksi dan Tangani Sedari Dini.

Hepatitis adalah penyakit organ hati yang disebabkan oleh infeksi virus hepatitis.

Penyakit hepatitis terbagi menjadi bermacam-macam menurut penyebabnya. Diantaranya dalah hepatitis A, hepatitis B, dan hepatitis C.

Pada saat ini muncul jenis-jenis lain dari hepatitis yang kemudian diberi nama secara alfabetis sesuai dengan waktu penemuannya.

Hingga saat ini jenisnya sudah sampai pada hepatitis G. masing-masing mempunyai ciri tersendiri tetapi rata-rata memiliki gejala yang sama.

Sebelum melanjutkan, diharapkan Anda membaca artikel kesehatan hingga selesai karena info yang didapat secara setengah-setengah hanya akan membuat Anda salah paham dan tidak mengerti permasalahan serta penanggulangan yang tepat terhadap suatu penyakit.

Berikut penjelasan mengenai jenis-jenis hepatitis yang sering dikeluhkan atau dijumpai, yaitu hepatitis A dan hepatitis B.

  1. Hepatitis A
    Masa inkubasi virus antara 4 hingga 6 minggu. Virus ditularkan lewat mulut dan saluran pencernaan.tes laboratorium menunjukkan HAV positif. Gejala hepatitis A lebih akut dan lebih berat dibanding hepatitis B, tetapi dapat sembuh secara total dengan pengobatan teratur.Gejalanya, yaitu demam, tidak denak badan, tidak nafsu makan, mual, muntah, perut tidak nyaman, sebab, nyeri tekan pada perut pada bagian kanan atas, air seni/urin berwarna kuning gelap seperti air the, selaput mata kunging, dan selaput lendir kuning kering.
  2. Hepatitis B
    Masa inkubasi virus antara 2 hingga 5 bulan. Hasil tes laboratorium menunjukkan HbSAg positif.Hepatitis B ditularkan melalui darah. Penularannya dapat melalui berbagai cara, seperti melalui jarum suntik yang tidak sekali pakai, pisau cukur, jarum tato, jarum tindik, jarum bor gigi, sikat gigi, transfusi darah yang terkontaminasi virus hepatitis B, dan lain-lain.Pada tahap awal, anak yang terinfeksi virus hepatitis B (HbSAg positif) tidak menunjjukkan gejala/sakit. Namun, setelah beberapa bulan, gejala yang lebih berat daripada hepatitis A akan muncul.

    kondisi yang tidak menunjukkan gejala sakit, padahal sudah terinfeksi virus hepatitis B ini membahayakan, karena kita akan tenang-tengan saja dan tidak tahu kapan terinfeksinya.

    solusi yang tepat adalah dengan melakukan teskesehatan (check up laboratorium), terutama cek HbSAg, setiap 6 bulan atau 1 tahun sekali.

    Hanya sebagian kecil penderita hepatitis B yang dapat sembuh total (menjadi negatif) dengan pengobatan.

    Virus hepatitis B masih dapat dikendalikan dengan pengobatan yang teratur. Titer/tingkat penyakitnya dapat ditekan sehingga tidak menimbulkan sakit dan komplikasi. Tetapi, penderita tersebut tetap menjadi pembawa (carrier).

    Sebaiknya, keluarga penderita hepatitis B menjalani cek laboratorium (HBSAg) untuk mengetahui apakah sudah tertular atau tidak.

    Jika tertular (HBSAg negatif), perlu dicek anti HBSAg untuk mengetahui apakah sudah memiliki zat antibodi atau belum.

    Jika anti HBSAg positif fan titernya lebih dari 30, maka tidak perlu vaksin. Tetapi jika anti HSBAg negatif maka harus diberi vaksin.

Jika anak menunjukkan gejala-gejala hepatitis, segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Komplikasi yang dapat terjadi jika tidak segera mendapatkan pengobatan adalah pengerutan hati (cirrhosis) dan kanker hati (hepatoma), dengan gejala muntah muntah serta buang air besar disertai darah atau feses berwarna hitam.

Beruntung, Sebab penyebab utama kematian pada anak Kini sudah jarang ditemukan, karena pemerintah sudah menerapkan program lima imunisasi dasar lengkap, termasuk hepatitis.

“Jika anak menunjukkan gejala hepatitis, segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat”

Bagaimana tanggapan bunda mengenai penyakit hepatitis yang ternyata penyebab utama kematian pada anak?

Jangan sampai si buah hati terkena hepatitis, Lakukan pencegahan sebelum terjadi hal yang tidak di inginkan.

REAKSI KAMU?
Bagikan Votingmu!!
0
0
0
0
0
0
0
0
0

Artikel Terkait :

Click to comment

Facebook Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top