Blogging

Mana Yang Lebih Baik, Blog Single Topik atau Gado gado?

Mana Yang Lebih Baik, Blog Single Topik atau Gado gado?

Mana Yang Lebih Baik, Blog Single Topik atau Gado Gado?

Setelah kemarin saya membuat artikel mengenai Kelebihan dan Kekurangan Blog Gado Gado, sekarang saya akan membandingkan Blog Single Topik atau Gado gado?

Pada artikel diatas, saya telah memberikan kelebihan blog gado gado dari segi visitor dan artikel. Serta kekurangannya dalam segi iklan, subscriber, dan SEO.

Sekarang saya akan membahas mana yang lebih baik antara Blog Single Topik atau Gado gado.

Secara garis besar, pembandingan akan dibagi menjadi 3 bagian, yaitu :

  1. Dari segi SEO
  2. Income (Adsense / affiliates)
  3. Pengunjung / Visitor.

Pada dunia blogging, topik suatu blog biasanya dinamakan niche. Pemilihan topik yang benar akan membuat website kita semakin banyak subscribers (pelanggan), terlebih lagi adalah pemasukanĀ  dollar dari iklan.

Pada bulan pertama saya membuat website ini, saya memikirkan bahwa akan membuat website gado gado dengan topik bahasan yang luas.

Namun, seiring berjalannya waktu dan ilmu yang saya dapat. akhirnya saya memutuskan untuk membuat website ini menjadi 1 topik, yaitu blogging dan internet marketing.

1. Blog Single Topik atau Gado gado Dari Segi SEO

Pada artikel kekurangan website gado gado, saya telah menjelaskan kenapa website dengan tipe ini susah bersaing dengan website single topik. Silahkan Anda baca artikel tersebut.

Dengan contoh yang lebih mudah dipahami, akan saya jabarkan study kasus dibawah ini.

Suatu ketika Anda sedang mencari artikel mengenai “Cara membuat lemari” kemudian setelah Anda searching di google dan menemukan 2 website teratas :

  • Website pertama membahas mengenai otomotif, berita, dan properti.
  • Website kedua fokus membahas mengenai properti saja.

Mana yang akan Anda percaya lebih akurat artikelnya?

Walaupun website pertama berada di peringkat paling atas, tetapi artikel yang dibuatnya dipertanyakan kredibilitasnya. Karena bisa jadi artikel tersebut adalah copas dari website lain.

2. Blog Single Topik atau Gado gado Dari Segi Visitors

Dengan study kasus sama dengan di poin pertama, Setelah membaca artikel mengenai “Cara membuat lemari” dari kedua website diatas, dan sedikit melihat-lihat kategori serta isi websitenya.

Mana yang akan Anda pilih untuk subscribe artikel maupun follow sosial medianya?

Jika Anda sepemahaman dengan saya, Maka Anda akan berfikir seperti berikut :

Jika saya follow sosial media yang pertama, saya akan mendapatkan update artikel mengenai otomotif yang tidak saya minati sama sekali. Sedangkan jika saya memfollow sosial media dari website kedua, saya akan mendapatkan postingan mengenai property yang berkualitas dan kredibel.

Dengan pertimbangan diatas, Tentunya saya akan memilih untuk follow/subscribe dari website yang kedua, dengan jaminan saya tidak akan mendapat postingan yang tidak saya minati.

3. Blog Single Topik atau Gado gado Dari Segi Income

Jika Anda berencana untuk mencari uang melalui blog, menggunakan niche gado gado akan membuat income Anda kurang maksimal.

Jika Anda mempunyai affiliate atau ads manager seperti google adsense, kliksaya, dan sebagainya. Saya anjurkan Anda memilih untuk membuat blog dengan single niche, kenapa? mari kita bahas.

[box type=”note” align=”aligncenter” class=”” width=”100%”]

Google adsense memiliki kode penempatan iklan yang terbaik untuk saat ini, namun untuk menentukan jenis iklan yang ditampilkan di website kita adalah menentukan topik terbaru dari artikel yang ada di homepage kita.

[/box]

baca juga : Cara memasang iklan google adsense di dalam artikel

Iklan yang tertaget sesuai dengan isi artikel kita, secara tidak langsung akan meningkatkan CTR (Jumlah klik), Berikut alasannya.

Jika Anda sedang membaca sebuah artikel yang berisi tentang “Cara membuat lemari” kemudian muncul sebuah iklan dengan tulisan “Buat website mu sendiri disini”. Apakah Anda akan klik iklan tersebut?

Kalau saya pribadi, HELL NO!! šŸ˜€

Karena saya tidak minat dengan iklan yang muncul tadi, saya tidak akan klik tulisan tersebut.

Secara tidak langsung akan berdampak pada CTR dari adsense kita.

Setidaknya 3 alasan diatas sudah cukup bagi Anda untuk memilih Blog Single Topik atau Gado gado.

Pro Tips

Dan saran saya adalah, jika memang website atau blog Anda masih dalam umur yang baru (bulanan) lebih baik segera ganti menjadi single topik.

baca juga : plugin wordpress gratis terbaik!!

[divider style=”double” top=”5″ bottom=”5″] Sekian artikel blogging mengenai Mana Yang Lebih Baik, Blog Single Topik atau Gado gado? kali ini, Semoga bisa memberi inspirasi kepada Anda, Terima Kasih.

Silahkan Like Fanspage kami dan Share artikel ini Jika Menurut Anda Bermanfaat Untuk Anda dan Orang Lain.

REAKSI KAMU?
Bagikan Votingmu!!
0
0
0
0
0
0
0
0
0

Artikel Terkait :

2 Comments

2 Comments

  1. Liberto Amin

    01/03/2016 at 05:56

    InsyAllah bisa juga sukses dari blog gadogado *plakk

    • jalaluddin al haq

      01/03/2016 at 09:14

      Jangan salah gan, Blog gado2 juga bisa sukses. Tapi kalau mengandalkan visitor dari search engine bakal susah, Bisa dicoba mengandalkan visitor dari sosial media.

Facebook Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top