Lifestyle

Nabi Muhammad Rasulullah SAW

Nabi Muhammad

Muhammad Bin Abdullah, atau yang dikenal dengan Nabi Muhammad SAW Dilahirkan di makkah pada tahun 570 Masehi. Dilahirkan dalam keadaan Yatim Piyatu dan kekurangan, Nabi Muhammad SAW dirawat oleh pamannya yang bernama Abdul Munthalib dengan bekerja sebagai gembala.

Mendapatkan wahyu yang pertama ketika beliau berumur 40 tahun di Gua hira, 3 tahun setelah beliau mendapatkan wahyu yang pertama, beliau memulai dakwah menyebarkan agama islam bermula dari keluarganya sendiri.

Namun kali ini admin tidak menceritakan bagaimana beliau berdakwah dan menyebarkan agama islam, tetapi bagaimana karisma beliau sebagai utusan Allah, sanggup membuat beliau menjadi teladan yang layak bagi seluruh umat.

1. KEPEMIMPINAN

Menempati peringkat No. 1 dalam buku The 100: A Ranking Of The Most Influential Persons In History karya Michael H. Hart seorang guru besar astronomi di Maryland, Amerika serikat. Disitu sang penulis menjelaskan kenapa beliau menempatkan Nabi Muhammad di peringkat teratas, adalah dikarenakan :

  • Nabi Muhammad Satu-satunya orang yang sukses baik Agama maupun duniawi.
  • Walaupun setelah meninggal dunia, Nabi Muhammad masih berpengaruh besar terhadap Negara-negara besar di dunia.

4 Sifat Nabi Muhammad SAW yang tidak pernah luntur dari beliau adalah Siddiq, Amanah, Fathonah, dan Tabligh.

  1. Siddiq (yang benar)

Segala perkataan dan perbuatan beliau selalu benar, dan tidak pernah menyimpang dari ajaran agama maupun sosial. Siddiq adalah sifat wajib bagi semua Nabi, tak terkecuali Nabi Muhammad SAW.

Dari Abdullah bin Mas’ud menyampaikan.

Rasulullah saw. Bersabda

”Hendaklah kalian bersikap jujur. Kejujuran mengantarkan kepada kebaikan, dan kebaikan mengantarkannya kepada surga. Dan senantiasa seseorang bersikap jujur dan terus berupaya menjaga kejujurannya sampai dengan dicatat disisi Allah bahwa ia adalah seorang yang jujur. Janganlah sekali-kali kalian berdusta. Sebab, berdusta akan mengantarkan kepada perbuatan maksiat , dan perilaku maksiat akan mengantarkan kepada neraka. Sesungguhnya, seseorang yang berlaku dusta, dan terus ingin berlaku dusta sehinnga disisi Allah ia dicatat seorang pendusta”.

HR. Imam Bukhari, Muslim, Abu Dawud, dan Tirmidzi.

2. Amanah

Amanah yang artinya dapat dipercaya, jauh sebelum menjadi Nabi, Rasulullah SAW sudah diberi peringkat sebagai Al-Amin yang mempunyai arti yang dapat dipercaya.

Dikenal sebagai pedagang yang jujur, tidak pernah mengurangi timbangan, tidak pernah member janji palsu menjadikan Nabi Muhammad pengusaha yang sukses.

Silahkan pelajari cara sukses dagang Rasulullah SAW untuk lebih memahami bagaimana cara islami dalam berbisnis sehingga kita terhindarkan dari hal-hal yang haram dan diberkahi Allah SWT.

“Dan tiadalah yang diucapkannya itu (Al-Quran) menurut kemahuan hawa nafsunya. Ucapannya itu tiada lain hanyalah wahyu yang diwahyukan kepadanya.” (QS An-Najm: 4~5)

Berdasarkan firman Allah diatas, menjelaskan bahwa segala perkataan Nabi Muhammad bukanlah atas kemauan beliau untuk disegani atau di hormati para kaum di masanya. Melainkan wahyu dari Allah yang disampaikan melalui malaikat ke Nabi Muhammad SAW.

3. Fathanah

Fathanah yang mempunyai arti Bijaksana atau berwibawa membuat para kaum jahiliyah mau menggunakan akal pikirannya untuk meneladani segala perkataan Nabi Muhammad sehingga mau memeluk agama islam.

Tidak hanya dalam menyampaikan wahyu semata, sifat beliau yang satu ini juga sangat berpengaruh dalam berperang membela agama islam. Mampu memberi keputusan yang bijaksana dan tepat.

Dengan niat membebaskan manusia dari kebodohan, Nabi Muhammad mampu membuat kaum jahiliyah mempercayai beliau, dengan landasan kasih sayang yang diajarkan oleh agama Islam Nabi Muhammad dapat menarik hati masyarakat dan menjadikannya pemimpin yang adil.

4. Tabligh

Mempunyai arti Menyampaikan atau bisa juga disebut Komunikatif.

Dalam memulai dakwah islam, Nabi Muhammad memulainya dari keluarga sendiri sebelum disampaikan ke masyarakat di sekitar.

Sifat tabligh juga dapat diartikan bahwa Nabi Muhammad tidak menyembunyikan sesuatu yang bermanfaat pada siapapun dan tidak mengambil manfaat itu sendiri melainkan untuk seluruh ummatnya.

Dalam QS : Abasa dikisahkan waktu itu Nabi Muhammad sedang menghadapi para pemimpin kaum Quraisy, kemudian datanglah seorang wanita tua yang buta dan hendak bertanya kepada Nabi Muhammad

Namun Beliau berpaling dari waita tersebut dan kembali menghadapi para pemimpin kaum quraisy. Dan akhirnya turunlah surat Abasa tersebut yang bermaksud untuk menyindir nabi Muhammad.

Tanpa takut nantinya para pengikut Nabi Muhammad SAW akan menjauhi beliau dikarenakan firman tersebut.

Nabi Muhammad tetap menyampaikan wahyu tersebut pada kaumnya, memperjelas bahwa sifat Tabligh tersebut dimiliki oleh Nabi Muhammad.

“kul al-haq walau kaana murran”, yang berarti

[Tweet “sampaikanlah kebenaran meskipun pahit rasanya.”]

2. BISNIS / PERDAGANGAN

Nabi Muhammad terlahir dalam keadaan kurang mampu, Setelah ibunda beliau wafat, secara bergantian, sang kakek Abdul Muthalib dan paman beliau Abu Thalib memelihara beliau.

Nabi Muhammad tidak sekolah, sehingga beliau tidak bisa membaca namun beliau memiliki ingatan yang kuat.

Berikut merupakan perjalanan karir Nabi Muhammad sebagai pebisnis :

Pada usia 7 tahun : Beliau Menggembala kambing yang jumlahnya ratusan ekor.

Pada usia 12 tahun : Setelah diasuh oleh pamannya Abu Thalib, Nabi Muhammad bekera sebagai pengembala hewan dan sering diajak pamannya untuk bepergian ke kota syam (kota perdagangan). Setelah itu makin aktif melakukan perjalanan bisnis ke Irak, Yordania, Bahrain, Suriah dan Yaman.

Pada usia 17 tahun : Mengelola seluruh bisnis pamannya karena pamannya tidak bisa terjun lagi secara langsung menangani usaha tersebut.

Pada usia 17-20 tahun: Masa tersulit dalam menjalani bisnis karena harus bersaing dengan para senior dalam perdagangan regional secara pribadi.

Pada usia 20-25 tahun : Merupakan titik keemasan Nabi Muhammad dalam menjalankan bisnisnya.

Setelah beberapa lama Beliau berdagang di beberapa kota, Nabi Muhammad terkenal akan kejujurannya dan sifatnya yang dapat dipercaya.

Hingga suatu saat, ada seorang wanita dari kalangan bangsawan yang mendengar ada anak muda yang dikenal atas kejujuran dan sifatnya yang dapat di percaya. Yaitu Khadijah seorang janda.

Singkat cerita, Setelah khadiah diperkenalkan kepada Nabi Muhammad. Akhirnya mereka setuju untuk menikah. Dengan mahar (mas kawin) sebanyak 100 Ekor unta merah yang saat itu nabi Muhammad berumur 25 tahun dan Khadijah berumur 40 tahun.

Setelah Pernikahan beliau dengan Khadijah tersebut, membuatnya lebih dikenal oleh kaum quraisy pada waktu itu. Sekaligus melebarkan usahanya dalam perdagangan.

Sekian artikel kali ini, Semoga bisa memberi inspirasi kepada Anda.

Terima Kasih, Silahkan Share Jika Menurut Anda Bermanfaat Untuk Anda dan Orang Lain.

REAKSI KAMU?
Bagikan Votingmu!!
0
0
0
0
0
0
0
0
0

Artikel Terkait :

Click to comment

Facebook Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top