Kesehatan

Anak Anda Panas dan Demam? jangan Buru-buru Dibawa ke Dokter

Panas dan demam

Anak Anda Panas dan Demam? Jangan Cepat Cepat Dibawa Ke Doter

Panas merupakan gejala awal yang sering kita jumpai saat anak mengalami sakit. Panas merupakan reaksi tubuh terhadap infeksi masuknya kuman di dalam tubuh baik oleh virus, bakteri, jamur, salmonella maupun parasite.

Panas yang tinggi menyebabkan gangguan metabolisme tubuh sehingga anak menjadi demam, rewel, pusing, mual malas makan dan minum sehingga mengganggu pertumbuhan anak.

Bagi sebagian anak yang memiliki riwayat demam kejang, panas yang tinggi anak akan menyebabkan ia kejang.

Kejang yang berulang ulang terjadi dikhawatirkan akan menyebabkan gangguan pertumbuhan otak pada anak, oleh karena itu jangan anggap remeh jika anak kita demam atau panas.

Berikut ini adalah beberapa pertolongan pertama yang bisa anda lakukan di rumah jika anak anda mengalami panas dan demam :

1. Berikan kompres dengan air hangat

Jangan memakai kompres dingin karena ini akan menjadikan anak merasa kedinginan dan tidak nyaman.

Kompres pada dahi da nbagian tubuh lain yang dilewati pembuluh darah besar seperti leher, ketiak, dan selangkangan.

2. Asupan Mineral

Bujuk anak anda agar mau minum air putih yang banyak karena panas yang tinggi dapat membuat anak kehilangan cairan.

3. Saat kondisi ini terjadi maka berikan kehangatan lebih pada anak, beri jaket dan peluklah anak anda serta buatkan minuman hangat kesukaan dia.

Setelah itu biasanya badan anak akan semakin demam dan menggigil seanjutnya berangsung hilang, saat kondisi seperti ini lepas jaket anak, biarkan anak memakai baju saja yang tipis agar penguapan panas tidak terhambat.

Ingat bunda, waktu badan anak demam jangan dipakaikan jaket atau selimut ya.

4. Ukur Suhu Badan

Ukur suhu tubuh anak, jika suhu tubuh anak lebih dari 37,5 derajat celcius, berikan obat penurun panas dengan dosis yang tepat, karena jika dosis kurang maka panas pun akan susah turun.

Namun jika dosis yang diberikan terlalu tinggi maka akan terjadi penurunan panas secara mendadak sehingga akan menyebabkan keracunan.

Ibu harus menyediakan obat penurun panas dirumah untuk dijadikan pertolongan pertama saat buah hati anda terserang panas dan demam.

5. Jika Panas terlalu Tinggi

Jika panas tinggi, suhunya 39 derajat celcius atau lebih, dan tidak juga turun apalagi bunda sudah melakukan semua tips diatas panasnya tidak turun dalam 3 hari berturut turut segera bawa buah hati ke dokter.

Selalu sediakan thermometer atau alat pengukur panas dirumah anda agar sewaktu anak mengalami panas bisa diketahui berapa derajat suhu panasnya, agar bunda juga bisa menentukan sikap bagaimana harus bertindak.

REAKSI KAMU?
Bagikan Votingmu!!
0
1
0
0
0
0
0
0
0

Artikel Terkait :

Click to comment

Facebook Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top