Kesehatan

Penyebab Dermatitis Kontak

Penyebab Dermatitis Kontak
Penyebab Utama Dermatitis Kontak (Ruam Merah Disertai Gatal) Pada Kulit

Artikel Ini Adalah Kelanjutan Dari Artikel 6 Jenis Ruam Kulit Pada Anak. Pastikan Anda membacanya terlebih dahulu

Tak semua orang tahan memakai pernak-pernik berbahan logam. Memakai perhiasan sebentar saja, alih-alih mempermanis, malah membuat pergelangan tangan jadi merah dan gatal. Tak hanya logam, ada orang yang alergi kulit sintetis dan aksesori plastik.

Menurut dr Asri Bindusari SpKK, kondisi itu dinamakan dermatitis kontak. Kulit meradang karena bersentuhan dengan bahan yang dianggap asing bagi orang tersebut. ‘Kejadian dermatitis kontak bisa akut atau kronis,’ katanya.

Dianggap akut bila setelah berkontak dengan bahan tertentu, langsung timbul radang kulit. Misalnya, kemerahan, gatal, hingga melepuh.

Tergolong kronis bila setelah kontak dengan bahan tertentu, tidak timbul gejala apapun. ‘Setelah jangka waktu lama, kulit kemerahan, kecokelatan, menebal, bahkan lecet-lecet,’ jelas spesialis kulit dan kelamin RSI Surabaya itu.

Selama ini, tak sedikit pasien yang datang karena alergi logam. Di antaranya, nikel jam tangan, gagang kacamata, dan perhiasan.

Ada juga yang alergi plastik atau karet gara-gara memakai sandal jepit. Termasuk alergi bahan minyak gosok, parfum, kosmetik, lipstik, semir rambut, maupun sabun.

‘Jika tidak diobati, dermatitis kontak dapat menimbulkan komplikasi,’ ujar Asri.

Yakni, overlapping infeksi lain yang disebabkan jamur atau bakteri sehingga gambaran radang kulit berubah dari semula. ‘Cara mengatasinya dengan melakukan pengobatan dan harus menghindari bahan pemicu alergi,’ jelasnya.

Source

REAKSI KAMU?
Bagikan Votingmu!!
0
1
0
0
0
0
0
0
0

Artikel Terkait :

Click to comment

Facebook Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top