Kesehatan

Pertolongan Pertama Jika Anak Mengalami Luka Robek di Kepala

Pertolongan Pertama Jika Anak Mengalami Luka Robek di Kepala

Tak bisa dipungkiri anak anak yang berumur lima tahun keatas biasanya sangat aktif sekali dalam beraktivitas apalagi jika sudah berkumpul dengan teman sebaya.

Terlebih anak laki laki, biasanya mereka suka bermain loncat loncat, memanjat pohon, lari lari, main petak umpet dan bersembunyi dimanapun yang dirasa aman.

Mereka tidak tau kadang aktivitas mereka yang terlampau aktif bisa mengakibatkan jatuh, terpeleset, tergelincir dan lain sebagainya sehingga bisa menyebabkan luka bahkan robek di kepala mereka.

Bunda sekalian pasti sangat panik jika ini terjadi. Sebenarnya luka robek seperti ini tidaklah parah, namun harus segera diatasi.

Pendarahan biasanya akan berhenti setelah 2 atau 3 menit.

Meskipun sebentar, pasti akan membuat bunda dan tentunya si anak akan histeris.

Pertolongan Pertama Jika Anak Mengalami Luka Robek di Kepala adalah tekan dan lap bagian yang luka dengan kain yang bersih dan menyerap darahnya.

Jika dirasa anak sudah tenang bersihkan luka dengan air atau pembersih luka lainnya, jika perlu potong rambut anak agar gampang perawatannya dan beri kapas atau pembalut luka.

Namun jika luka cukup serius, tetap tekan tekan luka dan segeralah bawa anak ke puskesmas terdekat.

Dokter akan lebih tau apa yang harus diberikan dan dilakukan pada luka si anak.

Setelah sembuh berikan pelajaran ke anak anda apa yang telah dialaminya agar tidak terjadi kembali.

Awasi sesekali anak anda, bermain dengan siapa, dan dimana.

Jika perlu pastikan anak anda main di lingkungan rumah saja bersama teman temannya di lokasi yang aman yang memungkinkan tidak terjadinya hal hal yang mencelakai anak.

Sekian artikel Pertolongan Pertama Jika Anak Mengalami Luka Robek di Kepala ya Bunda, Jika anak mengalami hal serupa jangan panik terlebih dahulu sebab tidak semua luka pada bagian kepala itu berbahaya.

REAKSI KAMU?
Bagikan Votingmu!!
0
0
0
0
0
0
0
0
0

Artikel Terkait :

Click to comment

Facebook Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top