Social Media

Tips Menghindari Penipuan Di Sosial Media

Tips Menghindari Penipuan di Sosial Media

Setiap tahunnya, Kejahatan melalui sosial media semakin meraja lela. Baik itu penipuan berjenis transaksi atau bahkan penipuan berjenis pemalsuan identitas.

Pada kesempatan kali ini, saya khusus akan membahas bagaimana cara menghindari penipuan dari sosial media.

Tentunya tidak hanya penipuan berjenis transaksi online saja, tetapi penipuan dari jenis cyber crime lainnya.

Baca juga : Sisi gelap dunia internet

Hanya saja, cyber crime berjenis pemalsuan identitas memang lebih sering digunakan untuk sarana penipuan daripada hanya sekedar menjatuhkan nama golongan atau seseorang.

Mari kita bahas satu persatu Tips Menghindari Penipuan Di Sosial Media :

Tips Menghindari Penipuan Di Sosial Media Berjenis Transaksi Online

Pernahkan Anda merasa tergiru dengan harga barang yang kelewat murah? Dan kebetulan barang tersebut memang sedang Anda cari.

Eits Jangan buru buru, bisa jadi itu salah satu cara mereka untuk menarik minat calon korban.

Beberapa modus yang sering digunakan para penipu untuk menggaet calon korbannya antara lain :

  • Menawarkan harga yang lebih murah
  • Beralasan bahwa barang tersebut adalah black market
  • Melakukan spam status baik di grup maupun wall mereka
  • Sering tag teman-teman mereka walau sebenarnya tidak kenal
  • Menawarkan promo yang “sering” tidak masuk akal

Setidaknya 5 modus diatas adalah yang paling sering digunakan oleh para penipu, Dan bagaimana Tips Menghindari Penipuan Di Sosial Media dengan modus modus diatas? Check this out.

[tie_list type=”checklist”]
  • Bandingkan harga yang mereka tawarkan dengan barang serupa ditempat lain
[/tie_list]

Jangan karena tergiru dengan harga murah kemudian kita dengan mudah percaya dengan mereka, Justru dengan harga murah tersebutlah kita bisa dengan mudah membandingkan apakah itu penipuan atau tidak.

Untuk membandingkan harga barang tersebut, Anda bisa mencarinya melalui search di facebook atau lebih baiknya segera mengunjungi website jual beli online.

Jangan ragu ragu untuk membandingkan barang di beberapa tempat sekaligus, toh kita tidak bertemu langsung dengan penjualnya.

Jika setelah membandingkan harga yang mereka tawarkan dengan harga yang ada di pasaran, katakanlah Anda membandingkan dari 2 website jual beli online.

Dan ternyata harga yang mereka tawarkan jauh lebih murah dari yang tertera di website tersebut, Anda HARUS mencurigainya.

[tie_list type=”checklist”]
  • Pancing Mereka Untuk Memberikan Info Pribadi
[/tie_list]

Tidak perlu trik khusus untuk melakukan hal ini, Anda hanya perlu menghubungi target dan menanyakan mengenai data mereka.

Cukup berpura-pura berminat untuk membeli produk mereka dan sampaikan bahwa Anda akan membeli produk mereka, Dan akan mengirim sejumlah uang.

Setelah Anda mendapatkan nomer rekening atau Data pribadi lainnya (KTP, SIM, dll) Anda cukup melakukan search secara online. Beberapa yang bisa Anda cari melalui online antara lain :

  • Nomor Hanphone
  • Nama Lengkap
  • Nomor Rekening

Biasanya saya hanya akan langsung loncat search nomor rekening di google untuk mengetahui apakah orang tersebut penipu atau bukan.

Kemudian, jika ternyata tidak ada di hasil penelusuran apakah berarti orang tersebut penipu? tidak juga, silahkan melanjutkan membaca artikel ini.

[tie_list type=”checklist”]
  • Akses Situs/Forum Penyedia Info
[/tie_list]

Sayangnya tidak semua masyarakat pengguna internet di Indonesia bisa memanfaatkan forum atau situs berbagi info secara maksimal.

Rata rata pengguna internet di Indonesia lebih memilih untuk menghabiskan waktunya di sosial media daripada mencari info.

Back to topic, Beberapa daftar forum yang bisa Anda akses untuk mencari info mengenai target :

Dan masih banyak website lainnya, tapi menurut saya pribadi 2 diatas sudah cukup untuk mencari info mengenai target.

Anda cukup input ketiga data sebelumnya ke kolom pencarian dan lihat apakah ada hasil yang menceritakan bahwa target adalah tersangka penipuan.

Setidaknya 3 Cara diatas bisa Anda gunakan untuk mencari info apakah seller tersebut pernah melakukan penipuan atau tidak.

Jika Anda masih merasa ragu dengan seller tersebut, silahkan melanjutkan membaca artikel ini.

[divider style=”dotted” top=”5″ bottom=”5″]

Tips Menghindari Penipuan Di Sosial Media Berjenis Pemalsuan Identitas

Seperti yang sudah saya sampaikan pada artikel sebelumnya, Bahwa banyak para oknum yang memanfaatkan media sosial untuk melakukan tindakan kejahatan baik itu bermodus iseng atau memang disengaja untuk menjatuhkan nama suatu golongan atau perseorangan.

Beberapa tips berikut bisa membantu Anda mencari tahu apakah akun tersebut asli atau palsu.

[tie_list type=”checklist”]
  • Cek Umur Akun
[/tie_list]

Biasanya, para pemilik akun yang digunakan untuk tindak kejahatan sering kali hanya akun palsu untuk menutupi jati dirinya yang asli.

Salah satu cara untuk mengetahui apakah akun tersebut asli atau palsu adalah dengan cek umur akun tersebut, Dan jika ternyata umur akun tersebut masih terhitung baru (beberapa bulan) berarti akun tersebut sudah layak untuk dicurigai.

[tie_list type=”checklist”]
  • Foto atau Avatar (Profil picture)
[/tie_list]

Hal yang paling mudah untuk cek akun asli atau tidak yaitu dengan melihat album foto dan profil picture yang digunakannya, Jika foto yang sering di upload oleh akun tersebut bukanlah foto pribadi berarti akun tersebut mempunyai kemungkinan lebih besar untuk melakukan penipuan.

[tie_list type=”checklist”]
  • Timeline
[/tie_list]

Walaupun tidak semua orang membuka timeline mereka untuk bisa dilihat oleh semua orang tanpa berteman, Tapi cara ini bisa Anda coba untuk cek keaslian akun tersebut.

Lihat juga jarak antara tiap status yang mereka posting. Jika jarak tiap posting akun tersebut terlalu jauh (Anggap saja pernah 1 bulan tidak melakukan posting) maka akun tersebut layak untuk dicurigai.

[tie_list type=”checklist”]
  • Friendlist
[/tie_list]

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah melihat daftar pertemanan mereka, Akun mana yang sering berinteraksi dengan akun oknum tersebut.

Karena biasanya tersangka tersebut pasti akan memantau akun yang mereka gunakan dari jauh untuk menghindari kecurigaan.

Karena seringkali mereka membuat akun palsu untuk membantu akun yang mereka gunakan untuk menipu, bisa dengan cara memberikan testimoni palsu atau membantu posting mereka supaya lebih dipercaya oleh calon konsumen.

[divider style=”double” top=”5″ bottom=”5″] Sekian artikel kategori Social Media dengan topik Tips Menghindari Penipuan Di Sosial Media kali ini, Semoga bisa memberi inspirasi kepada Anda, Terima Kasih.
Jika Ada yang inging ditambahkan atau ditanyakan silahkan mengisi kolom komentar.

Silahkan Like Fanspage kami dan Share artikel ini Jika Menurut Anda Bermanfaat Untuk Anda dan Orang Lain.

REAKSI KAMU?
Bagikan Votingmu!!
0
0
0
0
0
0
0
0
0

Artikel Terkait :

Click to comment

Facebook Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top