Kesehatan

Waspada Demam Tifoid!! Infeksi Akut Saluran Pencernaan Pada Anak

Demam Tifoid!! Infeksi Akut Saluran Pencernaan Pada Anak (Gambar diambil dari parenting.com)

Demam Tifoid!! Infeksi Akut Saluran Pencernaan Pada Anak

Demam tifoid adalah penyakit infeksi akut pada saluran pencernaan (usus halus) dengan gejala demam lebih dari satu minggu.

Penyebabnya adalah bakteri salmonella typhosa melalui makanan dan air yang tercemar oleh kuman tersebut.

Kuman salmonella masuk ke mulut bersama makanan dan minuman yang tercemar, lalu masuk ke lambung, sebagian mati oleh asam lambung, sebagian lagi lolos/hidup dan masuk ke dalam usus halus, lalu mengeluarkan racun (endotoksin) sehingga menyebabkan peradangan usus. Kuman menyebar ke hati dan pembuluh limfa.

Sebelum melanjutkan, diharapkan Anda membaca artikel kesehatan hingga selesai karena info yang didapat secara setengah-setengah hanya akan membuat Anda salah paham dan tidak mengerti permasalahan serta penanggulangan yang tepat terhadap suatu penyakit.

Gejala yang sering muncul adalah diare atau sembelit, panas tinggi terus-menerus, pusing, kembung, dan nyeri otot.

Penyakit tifoid yang tidak diobati akan menyebabkan komplikasi, seperti perforasi (lubang yang menembus) pada usus, perdarahan usus, radang paru, dan sebagainya.

Pertolongan pertama dapat dilakukan denfan memberikan obat penurun panas, mengatur anak untuk beristirahat cukup/bedrest total, dan memberikan banyak minum.

Segera bawa anak ke dokter jika panas tidak turun meskipun sudah diberikan obat penurun panas.

Anjurkan anak untuk banyak minum, berikan makanan yang lunak, dan hindari sayur-sayuran, terutama yang berserat, untuk mengistirahatkan usus.

Pencegahan dapat dilakukan dengan pemberian vaksin typa (typhoid dan para typhoid fever). Hindari membeli makanan di pinggir jalan yang tidak ditutup. Jagalah kebersihan tubuh dan lingkungan.

Waspadai jika anak tertidur lemas dengan muka tampak pucat, tanda terserang demam tifoid.

Sekian artikel kali ini, Semoga dapat bermanfaat bagi bunda untuk mencegah si buah hati terkena penyakit yang lebih parah.

jangan lupa tinggalkan komentar jika bunda pernah mengalami hal serupa untuk membantu bunda lainnya.

REAKSI KAMU?
Bagikan Votingmu!!
0
0
0
0
0
0
0
0
0

Artikel Terkait :

Click to comment

Facebook Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top