5 Resiko Akibat Kekurangan Asam Folat Saat Hamil
in

5 Resiko Akibat Kekurangan Asam Folat Saat Hamil

5 Resiko Akibat Kekurangan Asam Folat Saat Hamil,- Asam folat merupakan kebutuhan wajib yang harus dipenuhi oleh bunda ketika hamil setiap harinya. Dengan kekurangan asam folat akan sangat berdampak buruk bagi kesehatan ibu dan janin.

Kebutuhan asam folat sangat penting untuk dipenuhi, tidak hanya pada masa kehamilan saja melainkan saat bunda sudah memutuskan untuk program hamil, maka kebutuhan asam folat harian bunda harus terpenuhi supaya nantinya tidak menghambat perkembangan janin dalam kandungan bunda.

BACA JUGA 12 MAKANAN PENUH ASAM FOLAT

Berikut adalah 5 Resiko Akibat Kekurangan Asam Folat Saat Hamil

1. Menderita Anemia

Salah satu peranan penting asam folat adalah bertugas dalam pembentukan sel darah merah, sehingga ditakutkan ketika bunda kekurangan asam folat maka dapat terjadi anemia yang akan sangat mempengaruhi kesehatan bunda dan si janin dalam kandungan.

Beberapa akibat fatal anemia terhadap kehamilan adalah dapat terjadinya kehamilan prematur dan si bayi lahir dengan berat badan rendah dibawah rata rata.

2. Komplikasi Kehamilan (preeklampsia)

Resiko terjadinya komplikasi (preeklampsia) kehamilan meningkat ketika bunda kekurangan asam folat selama proses kehamilan. Preeklampsia perlu diwaspadai selama masa kehamilan karena dapat mengancam jiwa bunda dan si buah hati apabila tidak diatasi hingga masa persalinan.

3. Perkembangan Janin Tidak Optimal

Perkembangan janin bisa tidak maksimal ketika bunda kekurangan asam folat, dikarenakan asam folat mempunyai peranan penting dalam menunjang pertumbuhan dan perkembangan sel, serta memperbaiki dan memproduksi serta menjalankan fungsi DNA pada bayi.

4. Meningkatnya Resiko Bayi Lahir Prematur (Lebih Cepat)

Bayi lahir prematur dapat menyebabkan berbagai komplikasi pada bayi dikarenakan banyaknya fungsi organ yang masih belum maksimal. Tidak hanya prematur, Kekurangan asam folat juga dapat menyebabkan bunda mengalami keguguran sehingga ada baiknya bunda terus menjaga asupan asam folat bunda selama masa kehamilan.

5. Resiko Bayi Terlahir Dengan Cacat

Ketika bunda memutuskan untuk menjalankan program hamil, bunda harus memastikan bahwa asupan asam folat bunda selalu terpenuhi. pada 12 minggu pertama, pertumbuhan tulang belakang janin dalam kandungan sedang mengalami perkembangan yang sangat membutuhkan asupan asam folat.

Kebutuhan asam folat per hari adalah 400 mcg, sementara pada usia kehamilan 4-9 bulan kebutuhan asam folat meningkat menjadi 600 mcg, pastikan bunda memenuhi kebutuhan asam folat bunda supaya bayi dapat tumbuh dengan sempurna.

Apabila selama kehamilan tersebut bunda tidak dapat memenuhi kebutuhan asam folat harian, ditakutkan si buah hai ketika lahir akan rentan terkena cacat lahir baik fisik maupun organ dalam.

BACA JUGA 8 PENYEBAB BAYI LAHIR BIBIR SUMBING

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Loading…

0

FB COMMENT

8 Penyebab Anak Lahir Dengan Bibir Sumbing

8 Penyebab Anak Lahir Dengan Bibir Sumbing

Tips Mencegah Biang Keringat Pada Anak

Tips Mencegah Biang Keringat Pada Anak