in

5 Tradisi Unik Saat Idul Fitri di Indonesia

Dengan jumlah penduduk muslim mencapai sekitar 200 juta jiwa, Indonesia adalah salah satu negara dengan penduduk Muslim terbesar dunia. Dengan berbagai macam suku dan budaya, umat muslim di Indonesia memili cara-cara yang unik untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri. Berikut ini beberapa tradisi unik umat muslim yang ada di Indonesia untuk menyambut datangnya hari kemenangan:

Mudik

http://infomudikgratis.blogspot.co.id

Banyaknya para perantau, baik dari luar kota maupun luar pulau untuk mencari nafkah jauh dari kampung halaman, membuat tradisi mudik tidak pernah terlewatkan di setiap Lebaran dari tahun ke tahun. Apalagi libur Idul Fitri umunya lebih panjang dari pada libur yang lain. Di Indonesia sendiri tercatat jutaan pemudik setiap tahunnya pulang ke kampung halaman untuk merayakan hari kemenangan dengan keluarga besar.

Baca Juga :

  1. 9 Bahan Kimia Berbahaya Untuk Kulit Bayi
  2. Tips Memilih Produk Perawatan Kulit Bayi
  3. Orang – Orang di India Bergotong Royong Bersihkan Sungai, Hasilnya Menakjubkan

 

Halal Bihalal

Hidayatullah.com

Halal bihalal adalah istilah untuk saling mengunjungi saudara, teman, dan kerabat untuk saling maaf memaafkan di hari kemenangan ini. Seiring berkembangnya teknologi komunikasi, tradisi ini kian surut, banyak diantara umat muslim sendiri yang lebih memilih untuk saling maaf memaafkan melalui media komunikasi seperti Facebook, Whatsapp, telepon, dan lain-lain.

 

Takbir Keliling

simomot.com

Malam kemenangan selalu disambut dengan kumandang takbir, jika dulu anak-anak kecil masih berkeliling menggunakan obor, sekarang saat transportasi sudah relatif mudah, takbir keliling tetap dilakukan. Saat Bulan Ramadhan berakhir, lepas setelah berbuka puasa, akan banyak kendaraan dengan perlengkapan audio untuk melakukan takbir keliling.

 

Sungkeman

Edusiana.com

Untuk adat ketimuran, sungkeman dianggap sebagai penghormatan untuk orang tua kita, saat itulah biasanya anak meminta maaf kepada orang tuanya.

 

Bagi-bagi THR

http://www.ruangpegawai.com

THR atau uang saku ini sudah menjadi tradisi untuk dibagikan kepada anak-anak kecil. Hal ini juga yang paling ditunggu-tunggu. Selain itu perusahaan-perusahaan juga akan mengeluarkan THR untuk para karyawannya. hal ini juga telah menjadi ketetapan pemerintah.

Baca Juga :

Cuma Air Tumpah, Kemudian Jadi Lukisan Sekeren Ini, Lihat dan Kamu Pasti Ingin Mencobanya
Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat

Comments

Leave a Reply

Loading…

0

FB COMMENT

7 Keutamaan Malam Lailatul Qadar

Terinspirasi Iklan Indo Eskrim, Walikota Semarang Ini Bikin Meme Lucu