8 Penyebab Anak Lahir Dengan Bibir Sumbing
in

8 Penyebab Anak Lahir Dengan Bibir Sumbing

Penyebab anak lahir dengan bibir sumbing tentunya harus diwaspadai oleh semua calon orang tua, baik sang ayah maupun sang ibu.

Tentunya semua orang tua menginginkan yang terbaik bagi kelahiran anaknya, termasuk lahir normal dan tidak cacat sedikitpun. Dalam kasus bibir sumbing disebabkan karena saat tumbuh kembang bayi dalam kandungan kurang bisa berkembang pada bagian tengkorak dan jaringan pada kepala dan bibir sehingga tumbuh celah pada rongga rongga mulut.

Penyebab Anak Lahir Dengan Bibir Sumbing Yang Paling tinggi meningkatkan resiko terjadinya kegagalan tumbuh kembangnya adalah sebagai berikut :

1. Mempunyai Keturunan keluarga dengan kasus bibir sumbing

Menurut penelitian, segala penyakit dan kekurangan pertumbuhan keturunan sangat dipengaruhi oleh keturunan. Akan tetapi walau begitu Bunda tidak perlu khawatir asalkan bisa memastikan bahwa asupan gizi selalu tercukupi.

2. Bunda merokok Ketika Hamil

Apabila bundamerupakan perokok maka ada baiknya berhenti dari kebiasaan tersebut jika menyayangi si buah hati Bunda. Akan tetapi tidak hanya perokok aktif saja, Apabila di sekitar bunda juga terdapat banyak perokok akan tetap mempengaruhi tumbuh kembang janin bunda dalam kandungan.

3. Sering Mengkonsumsi Alkohol Saat Masa Hamil

Tidak hanya merokok, minuman beralkohol juga sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang janin dikarenakan termasuk minuman keras. Telah diadakan penelitian bahwa wanita hamil yang mengkonsumsi alkohol lebih rentan melahirkan anak dengan bibir prematur.

4. Ibu Yang Obesitas

Tidak hanya penyebab bibir sumbing, Ibu yang mengalami obesitas selama kehamilan juga rentan terkena penyakit seperti diabetes dan pendarahan pasca melahirkan.

oleh sebab itu ada baiknya kontrol pada dokter masalah berat badan bunda selama kehamilan.

5. Ibu yang mengkonsumsi obat – obatan pada masa kehamilan

beberapa komposisi obat – obatan dapat memicu terjadinya bibir sumbing pada bayi. beberapa diantaranya adalah obat – obatan dengan isotretinon atau obat jerawat, methotrexate (obat psoriasis, arthritis dan kanker), dan obat anti kejang.

oleh sebab itu jangan sungkan untuk menyampaikan kondisi kesehatan bunda kepada dokter ketika cek kondisi kehamilan supaya dapat di kontrol konsumsi obat obatan tesebut.

6. Kekurangan Asupan Nutrisi

Pada masa kehamilan beberapa hal yang paling dibutuhkan adalah nutrisi untuk pertumbuhan janin supaya lebih maksimal, beberapa diantaranya adalah kebutuhan folat dan vitamin A. sehingga penting untuk mencukupi kebutuhan tersebut di masa kehamilan.

Apabila bunda merasa lelah dan mudah letih, boleh mengkonsumsi vitamin C yang aman untuk kehamilan.

7. Kekurangan Asal Folat

Awam dimengerti, Bahwa kebutuhan pokok untk kehamilan adalah akan kebutuhan asam folat pada ibu hamil. oleh sebab itu jangan sampai bunda terlupa untuk meminum obat penambah asam folat supaya tumbuh kembang anak menjadi sempurna dikarenakan kurangnya asam folat pada anak dapat menyebabkan bibir sumbing.

BACA JUGA 12 MAKANAN TINGGI ASAM FOLAT YANG BAIK UNTUK IBU HAMIL

8. Bayi Menderita Syndrom Pierre Robin

Syndrom pierre robin merupakan syndrom yang dapat menyebabkan pertumbuhan rahang pada bayi ketika lahir menjadi kecil dan posisi lidah lebih menjorok ke belakang.

Bayi yang dilahirkan dengan syndrom yang langka ini akan terdapat celah pada langit – langit di rongga mulutnya.

Untuk bayi yang lahir dengan kondisi bibir sumbing, dapat dilakukan operasi apabila usianya telah menginjak 2 atau 3 bulan. Namun apabila dilahirkan dengan celah pada langit langit rongga mulutnya, maka disarankan operasi dilakukan pada usia 6 hingga 12 bulan. Akan tetapi operasi bibir sumbing ada kemungkinan dilakukan lebih dari 1x tergantung kondisinya.

Dari berbagai faktor resiko terjadinya bibir sumbing terhadap bayi, masih banyak yang bisa dicegah sebelum terjadi. oleh sebab itu sayangi diri dan bayi bunda dengan giat menjauhi larangan larangan Penyebab Anak Lahir Dengan Bibir Sumbing.

Pastikan juga bunda melakukan pemeriksaan rutin selama kehamilan setiap 1 bulan sekali dan ada baiknya 2 bulan sekali lakukan USG untuk memantau pertumbuhan janin bunda.

Referensi :
Centers for Disease Control and Prevention (2017). U.S. Department of Health & Human Services. Cleft Lip/Cleft Palate. 
Kummet, et al. (2016). Passive Smoke Exposure as a Risk Factor for Oral Clefts-A Large International Population-Based Study. American journal of epidemiology, 183(9), 834–841. 
Baby Centre UK (2016). Cleft Lip and Palate.
NHS Choice UK (2016). Cleft Lip and Palate. 
Everyday Health. Birth Defects and the Maternal Diet. 
Web MD (2019). Cleft Lip and Cleft Palate.
Mayo Clinic (2018). Cleft lip and Cleft Palate.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Loading…

0

FB COMMENT

Apa itu Preeklamsia

Apa itu Preeklamsia ? Bahayakah?

5 Resiko Akibat Kekurangan Asam Folat Saat Hamil

5 Resiko Akibat Kekurangan Asam Folat Saat Hamil