Makan Banyak Tapi Gak Gemuk – Gemuk, Mungkin Ini Penyebabnya


Sering makan tapi gak gemuk-gemuk? Atau kamu pernah iri sama temen yang bisa bisa makan semena-mena tapi berat badan masih saja stabil?

Jangan salah, jika kamu sempat iri dengan teman mu yang tidak gemuk meski makan banyak, jangan-jangan dia memiliki kelainan dalam tubuhnya, atau jika kamu yang mengalaminya sendiri, gak ada salahnya kamu tahu beberapa penyebab badan susah gemuk meski makan sudah sering dan dalam porsi besar.

  1. Kamu sudah cukup makan tapi kekurangan kalori

Nah yang ini mungkin belum banyak yang tahu, bahwa banyaknya makanan yang kita konsumsi tidak berbanding lurus dengan jumlah kalori yang masuk dalam tubuh kita. Nah untuk menentukan berapa jumlah kalori yang kita butuhkan kamu bisa berkonsultasi dengan ahli gizi atau dokter pribadimu.

Untuk menaikkan berat badanmu, kamu harus mengkonsumsi kalori melebihi kebutuhan kalori tubuhmu. So, jika kamu merasa sudah makan banyak tapi berat badan tetep segitu-gitu aja, coba hitung ulang apa kalori makanan yang kamu makan sudah sesuai dengan kebutuhan kalori tubuh kamu.

2. Ada gangguan metabolisme dalam tubuh kamu

Beberapa orang yang sudah makan dengan porsi yang sangat banyak tetapi badannya masih kurus itu mengalami gangguan metabolisme. Jadi sebanyak apapun makanan yang masuk dalam tubuh langsung dibakar menjadi energi, padahal kebutuhan energi tidak sebanding dengan aktifitasnya.

Prof dr Bambang Wiratmadi MS, MCN PhD SpGK pernah mengatakan bahwa salah satu penyebab orang tetap kurus adalah karena adanya gangguan metabolisme dalam tubuh.

Baca Juga : 

Terinspirasi Iklan Indo Eskrim, Walikota Semarang Ini Bikin Meme Lucu
Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat
Ilustrasi Ini Bikin Kamu Bisa Bedakan Mana Teman Dekat Mana Sahabat

3. Kamu sedang stres

BACA  Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan 8 Bahan Alami Di Sekitar Kita

Banyak pikiran akan banyak berpengaruh pada masalah psikologi. Tidak hanya mempengaruhi psikologis, seperti yang kita ketahui, stress itu kan masalah emosi, nah, masalah emosi kan kerap bisa berpengaruh pada masalah fisik juga. Termasuk, stress itu bisa mempengaruhi kinerja pencernaan kamu.

4. Komposisi Makanan yang Kamu Makan Kurang Pas

Bisa jadi kamu sudah banyak makan, tapi tetep susah gemuk, karena kamu tidak mengkonsumsi makanan yang bergizi.

Tidak bisa dinafikan, supaya berat badan kamu bertambah, otot membesar, dan badan menggemuk, sangat disarankan kamu memakan makanan yang tinggi kalori, yang berprotein tinggi, mengandung cukup karbohidrat, dan serat. Seperti halnya daging dada ayam, ikan salmon, dan putih telur.

5. Banyak Racun di Tubuh Kamu yang Belum Dikeluarkan

Ini adalah salah satu faktor terbesar mengapa kamu susah gemuk. Banyaknya kotoran dalam usumu, akan mengahmbat proses meresapnya nutrisi makanan yang kamu makan. Racun-racun yang ada dalam tubuhmu bisa datang dari mana saja, dari junk food, efek rumah kaca, polusi udara, dan lain sebagainya. Oya junk food dan fast food beda lho ya, coba klik untuk tahu perbedaannya.

6. Kamu masih muda

LIKE JIKA MENURUTMU BERMANFAAT :
Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya :
REAKSI KAMU?
Bagikan Votingmu!!
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0

Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format

Send this to a friend