Pentingnya Anjuran Jangan Minum Antibiotik Sembarangan


Antibiotik adalah obat yang bekerja untuk membasmi bakteri penyebab penyakit atau bakteri jahat. Dengan sembarangan mengkonsumsi antibiotik untuk penyakit yang tidak benar akan menimbulkan efek buruk bagi kesehatan. Karena faktanya, bukan hanya bakteri jahat tidak hanya akan mati, tapi juga bakteri baik yang dibutuhkan tubuh. Oleh karena itu jangan minum antibiotik sembarangan.

Jika Anda hanya terserang flu atau batuk, perlu terlebih dahulu meminta di tempat medis, perlu antibiotik dalam mengatasinya atau tidak. Jadi jangan sembarangan minum antibiotik meski obat itu mudah dibeli di apotek. Berikut adalah beberapa efek buruk jika mengkonsumsi antibiotik secara sembarangan.

  1. Masalah di usus

Studi yang dipublikasikan di The American Journal of Gastroenterology menyatakan bahwa konsumsi yang tidak perlu akan membuat penyakit usus yang mudah tersinggung, kolitis ulserativa, atau penyakit Crohn lebih mudah terjadi.

2. Mudah gemuk

Anak yang sering diberi asupan antibiotika akan lebih mudah menjadi gemuk, begitu pula dengan orang dewasa. Hal ini diungkapkan oleh sebuah studi dari International Journal of Obesity. Tak hanya itu, penyakit seperti diabetes tipe 2 juga lebih mudah dialami.

3. Depresi

Feeling blue

Depresi juga lebih mungkin terjadi saat antibiotik diambil secara acak, menurut penelitian yang dipublikasikan di Journal of Clinical Psychology.

Nasihat dari pihak medis tidak sewenang-wenang dalam mengonsumsi antibiotik, terutama untuk penyakit ringan. Jadi apa yang harus Anda lakukan saat anak Anda sakit? Untuk meminimalkan risiko resistensi bakteri, ingatlah tips berikut ini:

Minum antibiotik hanya untuk infeksi bakteri. Sebaiknya membiarkan penyakit ringan (terutama yang diduga disebabkan virus) menjalankan jalannya. Ini membantu mencegah kuman resisten antibiotik berkembang. Tapi serahkan ke dokter Anda untuk memutuskan apakah penyakit itu “ringan” atau tidak. Bahkan jika gejalanya tidak bertambah parah tapi lakukan beberapa saat terakhir, bawa anak Anda ke dokter.

BACA  5 Riasan Mata Super Gampang Namun Hasilnya Terlihat Profesional. Sayang Banget Kalau Nggak Dicoba

Tanyakan kepada dokter Anda tentang cara merawat gejala yang membuat anak Anda tidak nyaman, seperti hidung tersumbat atau tenggorokan gatal dan jangan minum antibiotik sembarangan. Kunci membangun hubungan baik dengan dokter adalah komunikasi terbuka, jadi bekerja sama menuju tujuan itu.

Baca Juga :
24 Foto Yang Kudu Mikir Keras Supaya Gak Ngeres
budaya pesantren yang sulit dihilangkan
22 Selebritis Yang Wajahnya Mirip Bintang Film Dewasa, Anak Kecil Dilarang Masuk
LIKE JIKA MENURUTMU BERMANFAAT :
Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya :
REAKSI KAMU?
Bagikan Votingmu!!
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0

Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format

Send this to a friend