Pentingnya ASI Untuk Bayi


Mungkin kamu sudah tidak asing dengan istilah ASI Eksklusif, yaitu pemberian ASI selama 6 bulan penuh kepada bayi. Mungkin kamu juga masih ingat bagaimana gencarnya pemerintah dalam menggalakkan pemberian Air Susu Ibu atau ASI bagi bayi, memang keputusan untuk memberi ASI merupakan sesuatu yang bersifat personal tetapi para ahli kesehatan mendukung pemberian ASI.

Ada banyak sekali manfaat yang terkandung dalam ASI yang tidak mungkin didapatkan dari susu formula. Tidak hanya karena kandungannya yang kaya akan gizi, proses pemberian ASI pun sangat bermanfaat untuk ikatan emosional antar bayi dan ibunya.

Meski pada prakteknya sangat sulit untuk memberikan ASI Eksklusif karena berbagai alasan, ASI tetaplah minuman yang paling tepat untuk bayi kamu. Sebelum memutuskan untuk tidak memberikan ASI, dilansir dari doktersehat yuk lihat dulu apa aja sih kelebihan ASI dibanding dengan susu formula.

Baca Juga :
Fast food apa selalu junk food?
Cara Memandikan Bayi Dan Balita Dengan Benar

ASI Kaya Zat Penting yang Dibutuhkan Bayi

Kandungan DHA, AA, Omega 6, laktosa, taurin, protein, laktobasius, vitamin A, kolostrum, lemak, zat besi, laktoferin and lisozim yang terkandung pada ASI semuanya dalam takaran dan komposisi yang pas untuk bayi, sehingga jika dibandingkan dengan susu formula merk apapun, tetap akan lebih unggul ASI.

ASI Sebagai Sarana Mendekatkan Ibu dengan Buah Hati

ASI adalah makanan utama bayi berusia kurang dari 6 bulan, dalam proses pemberian ASI akan terjalin suatu ikatan antara Ibu dan Anak yang tidak akan didapatkan dari proses pemberian susu formula biasa. Maka tak heran guys, bayi dengan ASI eksklusif akan memiliki kedekatan emosional yang lebih baik dengan ibunya dibandingkan dengan bayi yang tidak diberikan ASI eksklusif.

BACA  Hepatitis Penyebab Utama Kematian Pada Anak!! Deteksi dan Tangani Sedari Dini.

ASI Higienis dan Selalu Segar

Karena ASI langsung diberikan melaui puting sang ibu dengan ASI yang tersimpan dipayudara ibu akan menjaga keadaan ASI steril dan dengan suhu yang tepat sesuai untuk kebutuhan sang buah hati. Jika dibandingkan dengan susu formula, akan jauh berbeda, susu formula masih membutuhkan alat untuk proses pemberian kepada buah hati kamu, ini beresiko terjadinya kontak dengan bakteri.

istanbul escort

Baca Juga :
Tips Memotong Kuku Bayi
Foto Cute Balita Berikut Ini, Bikin Kamu Pengen Punya Anak Juga

ASI Memberikan Kekebalan yang Optimal Untuk Bayi

Karena kandungan yang ada dalam ASI sangat banyak dan berkualitas, dan yang paling penting ASI bebas bahan kimia, hal ini akan membantu pembentukan kekebalan tubuh pada buah hatimu guys. Dibandingkan bayi yang tidak mendapatkan asupan ASI, bayi yang mendapatkan asupan ASI mempunyai sistim imun atau sistim kekebalan tubuh yang jauh lebih baik.

ASI Berubah Sesuai Kebutuhan Bayi

Ini salah satu keistimewaan ASI, ASI dapat berubah sesuai dengan pertumbuhan buah hati kamu. Jangan khawatir dengan kandungannya, karena kandungan ASI akan dengan sendirinya menyesuaikan dengan kebutuhan buah hati kamu.

Bermanfaat Untuk Ibu

Dengan segala manfaatnya untuk bayi, ASI juga sangat bermanfaat untuk sang ibu. ASI akan membatu Ibu mengurangi ketegangan pada payudaranya. Selain itu, dengan menyusui akan menurunkan resiko Ibu terkena kanker payudara dibandingkan dengan Ibu yang tidak menyusui.

Nah, dari berbagai manfaat itu, masih rela nih memberikan buah hatimu susu formula?

 

LIKE JIKA MENURUTMU BERMANFAAT :
Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya :
REAKSI KAMU?
Bagikan Votingmu!!
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0

Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format

Send this to a friend