Tips Mengatasi Biang Keringat Pada Anak
in

Tips Mengatasi Biang Keringat Pada Anak

Mengatasi biang keringat pada anak serasa bermain kucing kucingan, Bagaimana tidak setiap sudah diatasi ternyata selang beberapa hari muncul lagi karena sangking aktifnya si kecil.

BACA JUGA : 6 JENIS RUAM DI KULIT ANAK DAN CARA MENGATASINYA

Biang keringat seringnya terjadi karena adanya penyumbatan pada saluran keringat, sehingga membentuk benjolan-benjolan kecil kemerahan yang bisa menyebabkan rasa tidak nyaman dan rasa gata pada area kulit terindikasi yang biasanya muncul di leher, dada, dan punggung.

Penyebab Ringan Biang Keringat

Pada anak, Biang keringat biasa dipicu oleh beberapa hal, selain dari cuaca yang panas juga aktivitas yang berlebihan ditambah pakaian yang tidak menyerap keringat yang dipakai anak dapat menjadikan timbulnya biang keringat.

Penggunaan obat berjenis salep juga dapat menimbulkan biang keringat pada anak dikarenakan menyumbat saluran keringat pada permukaan kulit si kecil.

Tips mengatasi biang keringat pada anak

Normalnya, biang keringat akan hilang dengan sendirinya dalam waktu 3-4 hari dengan catatan penyebab biang keringat diatas telah teratasi. Namun, Bunda bisa membantu Si Kecil dengan mengatasi rasa tidak nyaman akibat biang keringat dengan beberapa cara berikut ini:

  • Jika biang keringat meluas, Bunda cukup dengan memandikan si kecil dengan air dingin (suhu normal) tanpa menggunakan sabun dan biarkan merendam si kecil kurang lebih 10 menit dan mandikan secara rutin sebanyak 3 kali sehari. Namun apabila badan si kecil kotor atau terkena noda bisa menggunakan sabun supaya lebih bersih dan wangi.
  • Jika biang keringat hanya berukuran ringan, cukup dengan melakukan bilan dengan waslap dengan air dingin (suhu normal) di area sekitar biang keringat.
  • Hindari menggunakan salep supaya saluran keringat tidak tersumbat.
  • Jika bunda memiliki kipas angin atau AC dalam ruangan, bisa dinyalakan untuk menjaga suhu ruangan tetap nyaman bagi si kecil. dengan catatan jangan langsung terkena si kecil supaya tidak terlalu kedinginan
  • Dalam kondisi tidur, bunda bisa menambahkan handuk atau kain yang lembut dan dapat menyerap keringat supaya keringat saat tertidur dapat diserap dengan cepat.
  • Untuk mempercepat penyembuhan biang keringat, Bunda bisa juga mengoleskan krim khusus bayi di sekitar biang keringat tersebut.

Sumber :

  • Seattle Children’s Hospital (2019). Heat Rash. 
  • Healthy Children (2013). Heat Rash. 
  • Stanborough, R. J. Healthline (2018). What to Do If Your Toddler Gets Heat Rashes.
  • Sabella, P. Cleveland Clinic (2016). Does Your Child Have a Heat Rash? Cool it Down-Here’s How. 
  • Gardner, S. S. WebMD (2017). Heat Rash. 
  • Iannelli, V. Very Well Health (2019). Heat Rash in Children.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Loading…

0

FB COMMENT

Cara Memasang Ads.txt di Blogger dan Wordpress

Cara Memasang Ads.txt di Blogger dan WordPress

Apa itu Preeklamsia

Apa itu Preeklamsia ? Bahayakah?